Pinjol Sudah Lunas tapi BI Checking Belum Bersih, Ini Beberapa Penyebabnya

Pinjol Sudah Lunas tapi BI Checking Belum Bersih, Ini Beberapa Penyebabnya

Pinjol sudah lunas tapi BI checking belum bersih-freepik-

RADAR TEGAL - Ada sejumlah penyebab meski pinjol sudah lunas tapi BI checking atau SLIK OJK belum juga bersih. Seperti yang diketahui, meminjam uang pada layanan pinjaman online yang legal pastinya akan tercatat pada skor kredit tiap penggunanya.

Tidak jarang debitur yang sudah lunas hutang pinjol mereka tapi BI checking masih juga belum bersih. Hal ini bisa mempengaruhi seseorang nantinya untuk mendapatkan pinjaman lagi.

Penyebab pinjol sudah lunas tapi BI checking belum bersih salah satunya yaitu karena keterlambatan pelaporan. Sebab, laporan kredit ini membutuhkan waktu agar informasinya bisa terupdate.

Berikut selengkapnya penyebab pinjol sudah lunas tapi BI checking belum bersih. Simak ulasannya sampai akhir artikel.

Pinjol sudah lunas tapi BI checking belum bersih, kenapa ya?

1. Proses administratif

Alasan BI checking masih tetap jelek meski hutang pinjol sudah lunas yaitu karena proses administratif yang memang perlu waktu. Hal ini mencakup verifikasi pembayaran dan penyelesaian proses internal, sebelum akhirnya informasi diperbarui. 

BACA JUGA : Cara Mudah Hapus Data Kontak dan Izin Akses Aplikasi Pinjol, Aman dari Penyadapan

2. Human error

Penyebab berikutnya bisa saja karena kesalahan manusia itu sendiri. Misalnya ada kesalahan memasukan atau memproses informasi, sehingga perubahan status BI nya terlambat. 

3. Sistem

Selain human error, sistem IT juga kemungkinan alasan BI checking masih tetap jelek meski hutang pinjol sudah lunas. Misalnya ada gangguan teknis pada sistem IT lembaga keuangan yang berdampak pada pembaruan data.

4. Data tidak sesuai

Penyebab BI checking belum bersih meski pinjol sudah lunas yaitu adanya ketidaksesuaian data. Terutama pada catatan internal lembaga keuangan dengan catatan yang dilaporkan ke BI. Sehingga hal ini mempengaruhi akurasi status pembayaran.

Sumber: