Bantuan Provinsi Jawa Tengah Senilai Rp145,3 Miliar Disalurkan ke Brebes, Ini Prioritasnya

Bantuan Provinsi Jawa Tengah Senilai Rp145,3 Miliar Disalurkan ke Brebes, Ini Prioritasnya

Pj Gubernur Jateng (kemeja putih) saat menyerahkan bantuan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah 2024.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Pj Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Komjen Pol (Purn) Drs Nana Sudjana menyalurkan bantuan Provinsi Jawa Tengah senilai Rp145,3 miliar. Bantuan tersebut diperuntukan membiayai pembangunan sarana prasarana, penanganan kemiskinan dan stunting di Kabupaten Brebes.

“Kami menyerahkan bantuan keuangan Pemprov Jateng senilai Rp145,3 miliar, ini bukan nilai kecil. Jadi saya minta ini dilaksanakan sesuai aturan dan tepat sasaran,” ungkapnya usai penyerahan bantuan Provinsi Jawa Tengah di Pendopo Brebes, Kamis 25 Januari 2025 lalu 

Pj Gubernur mengatakan, bantuan Provinsi Jawa Tengah ini berfokus pada penanganan kemiskinan ekstrem, stunting dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Dengan jenis bantuan, mulai dari bantuan sarana prasarana, bantuan peningkatan sarana prasarana di desa, Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD), bantuan Penanggulangan Masalah Gizi (PMG).

Kemudian bantuan Provinsi Jawa Tengah juga untuk Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), Stimulan Rumah Sederhana Sehat, Stimulan Pembangunan Rumah hasil Program Pemerintah. Stimulan Korban Bencana, Digester Biogas, Sambungan Listrik Rumah, Pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di desa dan Kartu Jateng Sejahtera (KJS).

BACA JUGA: 4 Ton Beras Bantuan Provinsi Mulai Digelontorkan di Kota Tegal, Masing-masing KK dapat 10 Kilogram

"Bantuan SPAM ini disediakan kepada desa ketika menghadapi kemarau. Di desa juga masih banyak rumah yang belum ada sambungan listrik, kami kerja sama dengan PLN mulai tingkat provinsi sampai kabupaten," imbuhnya.

Nana juga menegaskan, penanganan stunting dan kemiskinan di Brebes menjadi prioritas. Sebab berdasarkan data, angka kemiskinan di Brebes masih cukup tinggi, terutama kemiskinan ekstrem. Selain itu, angka stunting juga masih di atas 14 persen.

“Kekompakan Forkopimda harus dijaga dan ditingkatkan. Apalagi juga ditambah dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat. Jadi kami yakin seluruh permasalahan yang ada di masing-masing daerah, ketika kita kompak, ketika kita mau, ada solusinya,” terangnya. 

Pj Bupati Brebes Iwanudin Iskandar menyampaikan terima kasih kepada Pemprov Jateng, atas berbagai bantuan dan strategi proyek pembangunan termasuk revitalisasi alun-alun.

BACA JUGA: 1.000 Warga Brebes Dapat Bantuan Pangan dari Pemprov Jateng, Pj Gubernur: Kami Menyisir Masyarakat

“Ini didanai dari beberapa sumber, antara lain Bantuan Gubernur Jawa Tengah, APBD Kabupaten Brebes, dan dana alokasi khusus (DAK). Total nilai kontrak dadi seluruh proyek tersebut adalah Rp77,4 miliar,” tutupnya.(*)

Sumber: