Benarkah Bank Bisa Membantu untuk Melunasi Utang Pinjol Nasabah?

Benarkah Bank Bisa Membantu untuk Melunasi Utang Pinjol Nasabah?

Ilustrasi OJK ungkap 1 cara agar utang pinjol lunas dengan aman.--

RADAR TEGAL - Apakah benar ada bank yang bisa melunasi utang pinjol dengan mudah dan terbebas dari galbay? Ternyata terdapat cara mudah untuk melunasi utang pinjaman online walaupun sampai ratusan juta.

Banyak yang bingung bagaimana cara melunasi utang pinjol yang semakin hari kian menumpuk agar BI Checking kembali bagus. Bahkan banyak pengguna yang melakukan berbagai cara agar utang tersebut lunas, seperti menggunakan konsultan pinjol, joki pinjol, dan mencari informasi pembebasan galbay pinjol.

Sehingga banyak yang terhenti dengan cara melunasi utang pinjol hanya dengan berlari usai gagal bayar dan bersembuyi agar tidak diketahui DC pinjol. Sebab banyak yang takut jika debt collector akan datang dan menagih hutang dengan cara kasar dan mengancam.

Sebab banyak yang ingin melunasi utang pinjol tetapi keuangan tidak mendukung hingga akhirnya harus melakukan galbay pinjol. Usai melakukannya, banyak nasabah yang akhirnya pergi dan harus menghilang agar DC lapangan tidak menemukannya.

BACA JUGA: 3 Cara Agar DC Pinjol Kapok Datang ke Rumah, Pasti Kabur dan Kapok Menagih

Kini tersiar kabar bahwa terdapat bank yang bisa membantu meringankan utang pinjaman online melalui OJK. Ternyata kabar tersebut tidaklah benar dan jumlah pinjaman tetap akan sama dan bisa bertambah bunga jika pengguna telat bayar.

Bunga pinjol yang bertambah pasti membuat pengguna pusing karena setiap hari jumlah hutang semakin meningkat. Hal ini bisa menambah rasa frustasi dari pengguna dan beban, bahkan tidak sedikit yang akhirnya mengakhiri hidup karena pinjol.

Sehingga dalam melakukan pinjaman online harus mengetahui bagaimana kemampuan keuangan dalam membayar cicilan. Selain itu usahakan untuk pinjam uang untuk kebutuhan yang mendesak saja agar tidak berlebihan.

Sebab pinjaman online memang membantu masyarakat yang membutuhkan dana tunai dengan cepat, terlebih jika orang lain tidak bisa membantu. Namun masih harus dipikirkan jika bunga pinjol yang dibebankan tidak kecil sehingga sering kali membuat beban baru untuk melunasinya.

BACA JUGA: Ga Perlu Takut, Ini 5 Cara Hadapi DC Pinjol dengan Aman dan Hutang Puluhan Juta Lunas

Bahkan banyak di antaranya yang tidak bisa membayar utang pinjol karena bunga yang tinggi tersebut dan menyerah untuk melunasi. Maka muncullah istilah gagal bayar (galbay) pinjol untuk pengguna yang tidak bisa melunasi hutang karena beberapa masalah yang sedang dihadapi.

Namun untuk melunasi hutang galbay pinjol haruslah dibayarkan secara mandiri sampai lunas karena tidak ada lembaga yang memberi bantuan untuk masalah ini. OJK pun sudah menjelaskan bahwa berita bank memberikan dana bantuan untuk hal tersebut tidaklah benar.

OJK memberikan satu cara untuk melunasi hutang pinjol agar tidak terlanjur galbay, sehingga BI Checking pun tetap aman. Ternyata cara ini hanyalah satu-satunya yang bisa dilakukan jika pengguna berpotensi tidak bisa bayar cicilan.

Cara yang dilakukan adalah meminta rekonstruksi pinjaman online agar bisa membantu nasabah dalam mencicil sesuai ketentuan yang berlaku. Rekonstruksi pinjaman nantinya akan mengubah cicilan yang harus dibayarkan peminjam lebih ringan tapi tenor yang diberikan diperpanjang.

Sumber: