Tertarik Ambil Pinjaman KUR? Cek 6 Kekurangan KUR Terlebih Dahulu

Tertarik Ambil Pinjaman KUR? Cek 6 Kekurangan KUR Terlebih Dahulu

Kekurangan KUR yang mesti Anda ketahui --

RADAR TEGAL - Kredit usaha rakyat atau biasa disebut KUR ini sangat membantu para pelaku usaha mikro kecil menengah dan UMKM untuk meningkatkan bisnis mereka. Namun sebelum mengajukan pinjaman dana KUR, ternyata ada beberapa kekurangan KUR yang mesti Anda ketahui terlebih dahulu.

 

Bagi para pelaku usaha UMKM yang sedang menanti program KUR dibuka dan memiliki niat untuk mengajukan pinjaman. Alangkah baiknya cari tahu kekurangan KUR untuk mempertimbangkannya.

 

Dengan suku bunga rendah tentunya sangat membantu para pelaku usaha yang sedang membutuhkan suntikan modal. Namun seperti kredit lainnya KUR juga memiliki kekurangan yang harus Anda ketahui.

 

Berikut ini adalah kekurangan KUR, simak sampai habis ya :

BACA JUGA:Simak Cara Pengajuan KUR Syariah Pegadaian 2024, Limit Rp5 Juta Cuma Butuh Syarat Mudah Ini

1. Tenor pinjaman pendek

 

Saat Anda mengambil pinjaman dana KUR biasanya pihak Bank akan memberikan pilihan tenor yakni 1 tahun, 18 bulan, 36 bulan 48 bulan hingga 5 tahun. Kekurangan KUR yakni tenornya jangka pendek yakni hanya 1 tahun hingga 5 tahun saja, jadi bagi pelaku usaha UMKM wajib mempertimbangkan kemampuan untuk membayarnya kedepannya sanggup atau tidaknya.

 

2. Tidak ada asuransi

 

Kemudian KUR ini tidak ada fasilitas asuransi jiwa dalam hal ini jika nasabah meninggal dunia, maka angsuran tetap berjalan semestinya. Nantinya pembayaran angsuran setiap bulannya akan dibebankan kepada pihak keluarga.

 

3. Batas pinjaman relatif kecil

 

Seperti kita ketahui program KUR hanya dapat memberi bantuan pinjaman minimal Rp 10 juta hingga Rp 500 juta saja. Kemungkinan tidak cukup untuk membiayai bisnis yang lebih besar.

 

4. Terbatas pada usaha mikro kecil, menengah dan UMKM

 

Kemudian tidak semua orang bisa mengajukan pinjaman KUR hanya para pelaku usaha mikro kecil, menengah dan UMKM saja. Disisi lain jika usaha yang telah berkembang dan mendapatkan penghasilan yang telah ditetapkan bank tentunya tidak akan memenuhi syarat untuk memperoleh pinjaman dana KUR.

BACA JUGA:Pengajuan KUR Pernah Ditolak? Ini 4 Rekomendasi Tempat Pinjaman Modal untuk Pelaku Usaha UMKM

5. Persaingan yang ketat

 

Kekurangan KUR selanjutnya yakni adanya persaingan yang ketat untuk mendapatkan bantuan modal usaha tersebut. Karena program ini jadi favorit dan populer yang banyak diakses oleh pengusaha, maka persaingan untuk memperoleh pinjaman KUR dapat menjadi sangat ketat.

 

6. Persyaratan pembayaran cicilan yang ketat

 

Untuk yang terakhir kekurangan KUR yakni terdapat persyaratan pembayaran cicilan yang ketat. Yang dimana setiap nasabah mengalami kendala telat membayar tagihan secara maka akan dikenakan denda dan biaya tambahan.

 

Tentunya ini dapat berpengaruh buruk pada pengelolaan keuangan usaha yang dijalankan belum menghasilkan keuntungan yang besar.

 

Meskipun KUR dapat membantu para pelaku usaha untuk menambahkan bantuan modal agar usahanya semakin berkembang tapi harus memperhatikan juga kekurangannya. Dengan mengetahui kekurangan KUR semoga Anda mempertimbangkan sebelum memutuskan untuk mengambil pinjaman. (*)

Sumber: