Calon Nasabah Wajib Hafal, Ini Resiko Pinjaman Online Legal yang Harus Diperhatikan

Calon Nasabah Wajib Hafal, Ini Resiko Pinjaman Online Legal yang Harus Diperhatikan

Ilustrasi. Resiko hutang pinjaman online legal--Freepik

RADAR TEGAL - Keadaan darurat misalnya tiba- tiba sakit maupun ada iuran yang mendadak tapi gak punya uang terkadang masyarakat lebih memilih untuk pinjam uang di aplikasi pinjaman online legal. Tapi sebelumnya itu tahukah Anda resiko pinjaman online legal apa saja? 

Meskipun bisa dibilang pinjaman online legal ini memang aman karena sudah diawasi oleh OJK akan tetapi ada resikonya juga loh. Beberapa ini ada resiko pinjaman online legal yang mesti Anda ketahui.

Banyak masyarakat terkadang menggunakan pinjaman online secara tidak bijak dan digunakan untuk hal-hal yang sebenarnya tidak terlalu penting. Oleh karena itu agar semakin paham mesti tahu resiko pinjaman online legal.

Tapi perlu digaris bawahi bahwa resiko pinjaman online legal ini yang dimaksudkan jika Anda gagal bayar atau galbay. Karena memang resikonya ini bisa dibilang mengerikan dan sebaiknya jangan bermain-main dengan yang namanya pinjaman online.

BACA JUGA:Rekomendasi 4 Platform Pinjaman Online Untuk Barang Elektronik, Belanja Sekarang Bayar Nanti

Berikut ini beberapa resiko pinjol legal jika Anda gagal bayar yang mesti kita ketahui seksama :

1.Bunga Membesar

Hal pertama resiko pinjaman online legal jika gagal bayar yakni bunga semakin membesar, bahkan perusahaan pinjol bisa saja menambahkan biaya tambahan untuk proses penagihan pembayaran. Tentunya jika bunga semakin membesar, nanti saat Anda akan melakukan pelunasan maka mengeluarkan dana yang lebih besar.

2. Mempengaruhi skor kredit

Kemudian jika Anda mengalami kendala telat bayar maupun gagal bayar pada aplikasi pinjaman online ini juga mempengaruhi nilai skor kredit Anda. Tentunya ini berdampak negatif untuk kedepannya akan kesulitan untuk meminjam uang di pinjol, maupun lembaga keuangan lainnya dan tidak bisa mengajukan kredit kendaraan hingga KPR.

3. Ditagih debt collector

Selanjutnya jika Anda terus menerus tidak membayar tagihan berbulan-bulan kemungkinan didatangi debt collector lapangan ke rumah Anda. Bahkan terkadang masih ada juga DC lapangan yang melakukan penagihan tidak etis, tentunya ini bisa menjadi pengalaman yang sangat mengganggu dan stres bagi nasabah.

4. Dampak emosional dan mental

Kemudian jika seseorang mengalami kesulitan membayar tagihan pinjaman online biasanya berdampak pada kesehatan mental, emosional dan stres berkepanjangan. Jika hal ini tidak ingin terjadi boleh disaat kita kebutuhan mendesak dan terpaksa pinjam uang di pinjaman online legal, tapi harus dikira- kira jumlahnya dan diukur apakah kita sanggup membayarnya atau tidak.

Sumber: