Apakah Smart TV Perlu Set Top Box? Penonton Siaran TV Digital Wajib Tau Nih

Apakah Smart TV Perlu Set Top Box? Penonton Siaran TV Digital Wajib Tau Nih

Apakah Smart TV Perlu Set Top Box? Penonton Siaran TV Digital Wajib Tau Nih-desain by writer-Canva

RADAR TEGAL - Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi semakin modern terbukti dengan adanya TV pintar atau smart TV. Namun yang masih jadi pertanyaan apakah smart TV perlu set top box atau STB?

Smart TV menawarkan berbagai fitur canggih yang dapat memudahkan Anda untuk menonton TV, bermain game, dan mengakses berbagai konten hiburan lainnya. Meski begitu, para pengguna yang baru beralih ke smart TV pasti bertanya-tanya apakah smart TV perlu set top box atau tidak.

Perangkat seperti smart TV lazim digunakan di zaman ini karena memiliki berbagai kelebihan yang dapat melengkapi kehidupan. Salah satu fitur yang sering ditanyakan adalah apakah Smart TV perlu STB (Set Top Box). 

STB adalah perangkat yang digunakan untuk menangkap siaran TV digital. Kira-kira sebenarnya apakah smart TV perlu set top box atau tidak dalam prosesnya? Simak sampai selesai!

BACA JUGA: Cara Memilih Smart TV Terbaik, Bukan Soal Harga Tapi Sesuaikan dengan Kondisi Ruangan yang Ada

Pengertian STB

STB adalah perangkat elektronik yang dapat mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog. STB biasanya digunakan untuk menangkap siaran TV digital pada perangkat yang tidak memiliki fitur untuk menangkap siaran TV digital secara langsung, seperti TV tabung atau TV LCD lama.

Pengertian Smart TV

Smart TV adalah jenis TV yang memiliki fitur-fitur canggih seperti koneksi internet, aplikasi, dan konten streaming. Smart TV biasanya dilengkapi dengan sistem operasi yang memungkinkan pengguna untuk mengakses berbagai konten hiburan, seperti film, serial TV, musik, dan game.

Apakah Smart TV Perlu STB?

Jawabannya tergantung bagaimana smart TV akan digunakan sehingga bisa iya dan bisa tidak memerlukan STB. Smart TV yang perlu STB adalah Smart TV yang tidak memiliki fitur DVB-T2. 

DVB-T2 adalah standar penyiaran TV digital yang digunakan di Indonesia. Jika Smart TV Anda tidak memiliki fitur DVB-T2, maka Anda harus menggunakan STB untuk menangkap siaran TV digital.

BACA JUGA: Fiturnya Menarik, Ini 5 Rekomendasi Smart TV 32 Inch Murah Jadi PIlihan Keluarga di Tahun 2024

Berikut adalah beberapa ciri-ciri Smart TV yang perlu STB:

  • Tidak memiliki logo DVB-T2
  • Tidak memiliki fitur untuk menangkap siaran TV digital
  • Tidak dapat menangkap siaran TV digital tanpa menggunakan STB

Sumber: