Stabilkan Pupuk Bersubsidi di Kabupaten Tegal, Pj Bupati: Nanti Akan Saya Cek Lagi Secara Detail

Stabilkan Pupuk Bersubsidi di Kabupaten Tegal, Pj Bupati: Nanti Akan Saya Cek Lagi Secara Detail

WAWANCARA - Pj Bupati Agustyarsyah didampingi Sekda Amir Makhmud saat diwawancara terkait pupuk bersubsidi di Kabupaten Tegal.-YERI NOVELI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Mengaku siap stabilkan pupuk bersubsidi di Kabupaten Tegal, Pj Bupati Tegal Agustyarsyah akan berkoordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Dia meminta, OPD terkait juga harus selalu memantau kondisi pupuk subsidi di Kabupaten Tegal. 

Termasuk juga jumlah pupuk bersubsidi Kabupaten Tegal yang diusulkan ke pemerintah pusat harus sesuai dengan kebutuhan petani atau Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok tani (RDKK).

"Nanti akan saya cek lagi secara detail," ucapnya yang mengaku akan mengecek secara detail harga pupuk bersubsidi di Kabupaten Tegal pada tingkat petani.

"Saya memang mendapat tugas dari Pak Gubernur (Jateng) dan Mendagri untuk stabilkan harga pupuk subsidi," kata Pj Bupati Agustyarsyah saat diwawancara sejumlah awak media, baru-baru ini.

BACA JUGA: Pupuk Bersubsidi di Kabupaten Tegal Semakin Mudah Dibeli, Sekarang Bisa Gunakan KTP

Selain itu, Pj Bupati juga akan berupaya untuk menurunkan angka kemiskinan dan menghindari inflasi. Sehingga pertanian akan tumbuh dengan baik.

Dia mengaku sejauh ini memang belum mendengar adanya kelangkaan pupuk bersubsidi di Kabupaten Tegal. Kendati demikian, pihaknya tetap akan mengecek ketersediaan dan harga pupuk bersubsidi dalam waktu dekat ini.

"Saya belum dengar ada kelangkaan pupuk, tapi kalau ini benar nanti akan saya cek lagi. Akan saya selesaikan itu dengan cepat," tegasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (KP Tan) Kabupaten Tegal Agus Sukoco mengaku sudah mengusulkan alokasi pupuk bersubsidi Kabupaten Tegal kepada pemerintah pusat. Tahun 2024 ini, pihaknya mengusulkan pupuk urea sekitar 12 ribu ton dan NPK 7.423 ton.

BACA JUGA: Pupuk Bersubsidi di Kabupaten Tegal Nyaris Langka, Pj Bupati Tegal Janji Begini

"Usulan pupuk bersubsidi itu untuk sekitar 63 ribu petani di Kabupaten Tegal," sambungnya.

Meski sudah diusulkan, tapi Agus tidak bisa memastikan akan direalisasi oleh pemerintah pusat. Menurutnya, jika berkaca di tahun-tahun sebelumnya, alokasi pupuk bersubsidi Kabupaten Tegal yang digelontorkan hanya 65 sampai 74 persen dari jumlah yang diusulkan.

"Semoga tahun ini digelontorkan 100 persen. Karena Pak Jokowi pernah berpidato, akan menambah anggaran pupuk bersubsidi sebanyak Rp14 triliun," tandasnya. 

Demikian informasi terkait pupuk bersubsidi di Kabupaten Tegal. Mudah-mudahan semuanya lancar. (*)

Sumber: