NasabahTak Perlu Takut Lagi, Begini Cara Melunasi Hutang Pinjol yang Menumpuk sampai Terbayar Tuntas

NasabahTak Perlu Takut Lagi, Begini Cara Melunasi Hutang Pinjol yang Menumpuk sampai Terbayar Tuntas

Cara Melunasi Hutang Pinjol yang Menumpuk--

RADAR TEGAL - Maraknya pinjol di Tanah Air banyak nasabah yang terjerat hutang. Namun ada beberapa cara melunasi hutang pinjol yang menumpuk dari berbagai sumber.

Oleh karena itu jika Anda penasaran bisa simak artikel radartegal.disway.id ini sampai selesai. Kami sudah merangkum 8 cara melunasi hutang pinjol yang menumpuk hingga ludes.

Karena terlilit hutang pinjol adalah keadaan yang sangat menakutkan bagi nasabah. Oleh karena itu Anda bisa baca cara melunasi hutang pinjol untuk dijadikan solusi terbaik.

Berikut 8 cara melunasi hutang pinjol yang dapat Anda gunakan sampai ludes tanpa sepersen pun. Simak artikel radartegal.disway.id dibawah ini.

BACA JUGA: 5 Cara Melunasi Hutang Pinjol Tanpa Membayar dan Dianggap Paling Ampuh

Cara melunasi hutang pinjol

1. Hidup Hemat

Meski sulit bagi sebagian orang, cara melunasi hutang pinjol bisa dimulai dengan menjalani hidup hemat dan prihatin. Apalagi jika utang yang kalian miliki sudah mulai menumpuk. 

Kurangi pengeluaran sebisa mungkin dan buat skala prioritas. Pengeluaran yang bisa dipotong, misalnya kuota internet, laundry, jajan makanan di luar, hingga uang bensin.

2. Pakai Dana Darurat

Salah satu solusi yang bisa menolong dalam jeratan pinjol adalah dana darurat. Pada bulan-bulan pertama, mungkin kalian harus membayar cicilan secara tepat waktu. Namun, setelah itu kalian harus mulai menggunakan dana darurat atau tabungan untuk hidup maupun membayar cicilan tepat waktu.

Mengapa harus dana darurat? karena hal ini untuk menjaga nama kalian di BI Checking agar tidak di-blacklist ke depannya.

3. Analisis Pemasukan dan Pengeluaran 

Cara melunasi hutang pinjol yang selanjutnya adalah dengan menganalisis setiap pemasukan dan pengeluaran rutin kalian setiap bulan. Kalian bisa menyiapkan buku catatan atau tabel di excel atau spreadsheet untuk membuat laporan keuangan sederhana.

Sumber: