Heboh Penyadapan IMEI HP oleh Pinjol Ilegal, Begini Fakta yang Sebenarnya

Heboh Penyadapan IMEI HP oleh Pinjol Ilegal, Begini Fakta yang Sebenarnya

Penyadapan IMEI HP oleh pinjol ilegal-freepik-

RADAR TEGAL – Publik dihebohkan dengan penyadapan IMEI HP oleh pinjol ilegal. Kabarnya pihak pinjaman online ilegal bisa meretas ponsel seseorang hanya dengan mengetahui IMEI ponsel yang bersangkutan.

Penyadapan IMEI HP oleh pinjol ilegal ini membuat publik semakin khawatir akan modus penipuan yang terus mengintai. Terutama soal pencurian data yang bisa saja dilakukan oknum tidak bertanggung jawab untuk keuntungan pribadi.

Berita soal penyadapan IMEI HP oleh pinjol ilegal ini juga sudah tersebar luas di media sosial. Sebenarnya, ada fakta yang harus diketahui soal kasus penyadapan ini.

Berikut fakta yang sebenarnya soal penyadapan IMEI HP oleh pinjol ilegal. Selain itu, pada artikel ini juga dibahas soal tanda ponsel yang bisa saja diretas oknum nakal di balik layar.

Tanda ponsel diretas oleh pinjaman online ilegal

Aplikasi pinjol yang memang sudah resmi OJK biasanya hanya akan meminta izin akses 3, yaitu kamera, microphone, dan lokasi penggunanya. Hal ini untuk memudahkan komunikasi selama masa peminjaman uang yang dilakukan.

BACA JUGA : 3 Ancaman Pinjol Ilegal yang Pasti Dilakukan ke Nasabah Galbay, Bikin Hidup Gak Bakal Tenang

Beda halnya jika memasang aplikasi pinjol ilegal yang bisa menimbulkan risiko tertentu. Terlebih, aplikasi ini seringkali meminta izin akses berlebihan kepada penggunanya. Mulai dari data-data foto, kontak, dan sebagainya yang sebenarnya tidak dibutuhkan. 

Ada beberapa tanda jika HP sedang diretas pinjol ilegal atau aplikasi nakal lainnya. Biasanya kinerja ponsel mendadak lambat setelah pemasangan aplikasi. Performa baterai juga melemah secara tiba-tiba padahal tidak banyak digunakan.

Selain itu, tanda lainnya juga bisa terlihat dari adanya pesan atau panggilan dari nomor asing yang tidak dikenal. Ditambah lagi adanya aplikasi mencurigakan yang tiba-tiba terpasang pada ponsel.

Penyadapan IMEI HP oleh pinjol ilegal

Ponsel bisa saja diretas oleh pinjol ilegal setelah seseorang memasang aplikasinya. Namun, bagaimana dengan IMEI?

BACA JUGA : Begini Cara Pinjol Menagih Hutang Meski Tidak Punya DC Lapangan, Jangan Dianggap Sepele

Sekedar informasi, IMEI atau International Mobile Equipment Identity pada iOS atau Android merupakan nomor identitas yang memang ada di tiap perangkat seluler. Fungsinya untuk mengidentifikasi perangkat yang digunakan oleh jaringan GSM.

Sumber: