Tinjau Penyortiran dan Pelipatan Surat Suara Pemilu 2024, Ini yang Disampaikan Pj Bupati Tegal

Tinjau Penyortiran dan Pelipatan Surat Suara Pemilu 2024, Ini yang Disampaikan Pj Bupati Tegal

TINJAU- Pj. Bupati Tegal tinjau proses penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilu 2024--

RADAR TEGAL - Pj. Bupati Tegal meninjau langsung proses penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilu 2024, Selasa 16 Januari 2024. Didampingi Sekretaris Daerah Amir Makhmud, Pj. Bupati mendatangi Gudang Logistik KPU Kabupaten Tegal di Jalan Raya Slawi-Jatibarang.

Di sela-sela tinjauannya, Pj. Bupati Tegal Agustyarsyah pihaknya hanya ingin memastikan kesiapan logistik Pemilu 2024 tercukupi. Baik dari sisi prosedur, ketepatan jumlah dan target waktu atau jadwal penyelesaiannya, termasuk proses penyortiran dan pelipatan kertas surat suara.

"Kami menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada jajaran KPU Kabupaten Tegal. Karena terus bekerja keras menyiapkan logistik untuk pemungutan suara Pemilu 2024 yang akan dilaksanakan 14 Februari 2024 mendatang,"katanya saat meninjau proses penyortiran dan pelipatan surat suara. 

Masih dalam tinjauannya ke lokasi penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilu 2024, Pj. Bupati mengajak agar semua pihak. Agar turut memastikan pesta demokrasi nanti berjalan baik, aman, dan lancar.

BACA JUGA: Pelipatan Surat Suara Pemilu 2024 di Tegal Mulai Dilakukan, Hari Pertama Petugas Temukan Ini

Pj. Bupati Tegal mengapresiasi kinerja KPU yang mampu menyelesaikan proses ini lebih cepat 8 hari. Dari target 19 hari yang telah ditetapkan.

Selanjutnya, Agustyarsyah menitipkan pesan kepada KPU agar proses pendistribusian surat suara ke kecamatan, desa hingga TPS dapat dikawal dengan baik. Bersama aparat keamanan dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

“Setelah ini selesai, nanti kita koordinasikan lagi dengan unsur Forkopimda. Guna mengawal proses pendistribusiannya,”katanya.

Sementara itu, kegiatan monitoring penyortiran dan pelipatan surat suara dilanjutkan dengan meninjau kesiapan ruangan di Kantor Kecamatan dan Kepala Desa Dukuhwaru. Di mana lokasi itu digunakan untuk menyimpan surat suara.

BACA JUGA: Pelipatan Surat Suara Pemilu 2024 KPU Kabupaten Tegal Dijaga Aparat Kepolisian

Ketua KPU Kabupaten Tegal Himawan mengungkapkan dari proses penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilu 2024, pihaknya menemukan sejumlah surat suara Pemilu yang kondisinya rusak. Namun, tingkat kerusakannya masih di bawah ambang batas normal 0.001 persen dari 1,2 juta surat suara yang diterima.

“Nantinya, surat suara yang rusak akan dikembalikan. Selanjutnya, akan kita ajukan kembali penggantiannya,”ujarnya.

Usai melakukan monitoring kesiapan logistik Pemilu 2024, Pj Bupati Tegal beserta rombongan menuju ke Kantor Kejaksaan Negeri Kabupaten Tegal. Guna menghadiri acara Purna Tugas Kepala Kejaksaan Negeri Ramdoni di kantor kejaksaan setempat.

Selanjutnya berkoordinasi internal bersama Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakun. Kegiatan diakhiri dengan kunjungan ke objek wisata Cacaban. 

Sumber: