Jalan Poros di Luwungbata Brebes Rusak, Dewan Siap Kawal Dimusrenbang 2024

Jalan Poros di Luwungbata Brebes Rusak, Dewan Siap Kawal Dimusrenbang 2024

Salah seorang warga saat melintas jalan poros desa di Luwungbata, Kecamatan Tanjung yang mengalami kerusakan.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Masyarakat di Kecamatan Tanjung mengeluhkan jalan poros di Luwungbata Brebes yang kondisinya sudah mengalami kerusakan. Menanggapi hal itu, Anggota DPRD Kabupaten Brebes Waidin siap mengawal di Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) 2024 ini.

Menurutnya, jalan poros di Luwungbata Brebes tersebut masuk dalam prioritas kedua dalam Musrenbang 2023 lalu. Sebab, musrenbang tahun lalu lebih memfokuskan perbaikan ruas jalan kabupaten.

"Memang jalan poros di Desa Luwungbata ini masuk dalam skala prioritas kedua. Sebab, pada musrenbang tahun lalu lebih memfokuskan perbaikan jalan kabupaten," jelasnya, Rabu 17 Januari 2024.

Politisi Hanura ini menyampaikan, salah satu ruas jalan kabupaten yang menjadi prioritas perbaikan tahun ini seperti ruas Tengguli-Luwunggede, Tanjung-Kersana dan lainnya. Jadi, untuk jalan poros Luwungbata Brebes akan diusulkan pada Musrenbang tahun ini.

BACA JUGA: Kondisi Jalan Poros Di Desa Luwungbata Kondisinya Memprihatinkan

Meski begitu, dia mengakui, jalan poros Luwungbata Brebes merupakan akses utama masyarakat beraktivitas. Terutama sektor pendidikan dan pertanian.

"Di wilayah itu (jalan poros di Luwungbata, Red) banyak wilayah pertanian. Jadi, kalau jalannya bagus akan mempermudah petani dalam membawa hasil pertanian. Jadi, akan kami usahakan dan kawal di Musrenbang tahun ini," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, jalan poros di Luwungbata Brebes kondisinya kian memprihatinkan. Banyak petani ataupun warga yang mengeluhkan dengan kondisi jalan tersebut.

Salah seorang petani asal Desa Luwungbata, Faisal mengatakan kondisi jalan poros di Luwungbata Brebes sangat memprihatinkan. Dia mengaku, sudah puluhan tahun kondisi jalan tersebut belum ada perbaikan.

BACA JUGA: Musim Hujan, Kerusakan Jalan Poros Sepanjang 2 Kilometer di Brebes Selatan Kian Parah

"Sejak saya kecil kondisinya memprihatinkan. Sudah diusulkan beberapa kali tapi belum ada perbaikan," ujarnya, Jumat 12 Januari 2024 lalu.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Luwungbata Sugani menyampaikan pihaknya telah mengusulkan beberapa kali untuk pembangunan jalan poros Luwungbata Brebes tersebut. Namun, hingga sampai saat ini belum ada tanggapan ataupun perhatian dari pemerintah.

"Kami mohon kepada Pak Pj Bupati untuk bisa memperhatikan jalan poros ini. Sebab, akses jalan ini sangat penting bagi warga. Baik itu di bidang pendidikan dan pertanian," pungkasnya.(*)

Sumber: