Kawal Pemberian Vaksin Polio, Dinas Pendidikan Kota Tegal Turun Langsung ke Sekolah

Kawal Pemberian Vaksin Polio, Dinas Pendidikan Kota Tegal Turun Langsung ke Sekolah

MEMANTAU-Kepala Disdikbud Ismail Fahmi dan jajaran turun langsung ke sekolah pantau vaksinasi polio di SD Negeri Margadana 1, Senin (15/1)--

RADAR TEGAL - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Tegal secara langsung turun ke sekolah saat pelaksanaan pemberian vaksin Polio. Seperti yang dilakukan pada Senin 15 Januari 2024 kemarin.

Kepala Disdikbud Ismail Fahmi dan jajarannya mendatangi sekolah sasaran pemberian vaksin polio. Hal itu, dalam rangka mengawal pelaksanaan kegiatan.

Selain itu, juga untuk memastikan pemberian vaksin polio agar tepat sasaran dan berjalan dengan baik. Utamanya, di sekolah binaan Disdukbud.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal, M.Ismail Fahmi mengatakan pihaknya melakukan pemantauan di sekolah sasaran pemberian vaksin polio disemua jenjang sekolah. Yakni, TK, PAUD dan SD khususnya anak usia 0 sampai 7 tahun 11 bulan.

BACA JUGA: Pemberian Imunisasi Polio Bagi Warga Kota Tegal Resmi Dimulai, Ini Sasarannya

"Dari semua sekolah yang kita kunjungi, Alhamdulilah semua sudah terlaksana dengan baik,"katanya.

Menurut Fahmi, jika masih ada anak yang belum sempat dilakukan imunisasi, pihaknya akan dilakukan sweeping dan imunisasi ulang. Ada beberapa anak yang belum bisa hadir. 

"Karena kondisi sakit atau kondisi lainnya yang menyebabkan mereka tidak bisa diikutkan dalam imunisasi polio saat ini. Kita akan laksanakan vaksin susulan melalui sweeping,"ujarnya.

Selain itu, kata Fahmi, nanti petugas Puskesmas akan hadir kembali disekolah yang ada. Pada saat pelaksanaan imunisasi.

BACA JUGA: Dinkes Brebes Mulai Lakukan Pemberian Vaksin Polio

Kepala Puskesmas Margadana, dr.Wahidin menyampaikan pelaksanaan pemberian vaksin polio salah satunya untuk pencegahan Kejadian Luar Biasa (KLB) seperti yang terjadi di Klaten. Dengan target sasaran anak usia 0-7 tahun 11 bulan, khususnya di Kecamatan Margadana.

“Untuk Provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur dan Daerah Istimewa Yogyakarta dilaksanakan pencegahan kasus polio. Kita targetkan seluruh anak usia 0 sampai 7 tahun 11 bulan khususnya di wilayah Kecamatan Margadana,"pungkasnya.

Demikian informasi pelaksanaan pemberian vaksin polio kepada anak sekolah di Kota Tegal. Dinas Pendidikan pun turun langsung memastikan itu berjalan dengan baik dan tepat sasaran. (*)

Sumber: