Pemberian Imunisasi Polio Bagi Warga Kota Tegal Resmi Dimulai, Ini Sasarannya

Pemberian Imunisasi Polio Bagi Warga Kota Tegal Resmi Dimulai, Ini Sasarannya

LEPAS BALON-Sekretaris Daerah Kota Tegal drg Agus Dwi Sulistyantono didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal Zaenal Abidin saat lepas balon tanda kick off di Halaman RSUD Kardinah Kota Tegal, Senin (15/1)--

RADAR TEGAL - Pemberian imunisasi Polio bagi warga Kota Tegal resmi dimulai. Itu, menyusul dilakukannya kick off atau launching sub pekan imunisasi nasional (PIN) yang dilaksanakan di Halaman RSUD Kardinah Kota Tegal, Senin 15 Januari 2024.

Launching sub pekan imunisasi nasional di Tegal dilakukan secara langsung Sekretaris Daerah (Sekda) drg. Agus Dwi Sulistyantono. Dengan melakukan pelepasan balon sebagai tanda dimulainya pemberian imunisasi polio.

Dalam penyampaiannya, Sekretaris Daerah Kota Tegal drg Agus Dwi Sulistyantono mengatakan pelaksanaan PIN dilakukan pada 15-20 Januari 2024. Untuk sasarannya yakni pemberian imunisasi polio bagi anak-anak usia 0 sampai 7 tahun mendapatkan imunisasi polio. 

"Setelah putaran pertama pemberian imunisasi polio dalam sub pekan imunisasi nasional ini, akan dilanjutkan dengan pada putaran kedua. Yakni, pada 19 Februari hingga 1 minggu setelahnya,"katanya.

BACA JUGA: Dinkes Brebes Mulai Lakukan Pemberian Vaksin Polio

Menurut Agus, kick off ini sebagai penanda dimulainya pemberian imunisasi di Kota Tegal. Sedangkan pemberian imunisasi polio sendiri sebagai upaya untuk mencegah penyakit. 

"Sehingga harapannya seluruh anak-anak yang ada di Kota Tegal tidak ada yang menderita polio. Imunisasi yang diberikan tidak dikenai biaya alias gratis,"tandasnya.

Agus mengatakan dosis imunisasi yang diberikan kepada anak sebanyak 2 tetes. Selain itu, imunisasi juga bisa didapat di unit-unit kesehatan baik di Puskesmas maupun di Posyandu, selain itu ada tim kesehatan yang akan bergerak ke sekolah-sekolah.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal Zaenal Abidin menuturkan, kick off sub PIN sebagai tanda dimulainya pemberian imunisasi polio. Untuk pos-pos pelayanan imunisasi selain di Posyandu, ada pula di PAUD dan SD bagi siswa-siswi di bawah usia 7 tahun.

BACA JUGA: 212.547 Anak di Brebes Jadi Sasaran Pemberian Vaksin Polio Serentak, Selama 2 Pekan

"Target yang diharapkan bisa mencapai 95 persen dari seluruh sasaran di Kota Tegal. Dengan jumlah saat ini mencapai 30 ribu balita dan anak-anak usia 0-7 tahun,"ujarnya.

Zaenal menambahkan, nantinya pihaknya juga akan melakukan sweeping ke rumah-rumah. Hal itu, jika ditemukan anak yang belum diimunisasi lantaran ada keluhan sakit atau berhalangan.

Demikian informasi terkait dimulainya pemberian imunisasi polio bagi anak di Kota Tegal. Jadi pastikan anak anda mendapatkan imunisasi tepat waktu. (*)

Sumber: