3.583.000 Keluarga di Jateng Dapat Bantuan Pangan Cadangan Beras, Penyaluran Bertahap

3.583.000 Keluarga di Jateng Dapat Bantuan Pangan Cadangan Beras, Penyaluran Bertahap

SIMBOLIS- Bantuan pangan cadangan beras diserahkan Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana secara simbolis kepada sejumlah warga di Kota Semarang pada Senin, 15 Januari 2024. -Istimewa-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Sebanyak 3.583.000 keluarga penerima manfaat di Jawa Tengah bakal menerima bantuan pangan cadangan beras. Pemerintah mulai menyalurkan bantuan tersebut untuk periode Januari hingga Juni 2024 secara bertahap.

Warga yang memperoleh bantuan pangan cadangan beras itu berdasarkan data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrim (P3KE) dari Kemenko bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. 

Bantuan pangan cadangan beras tersebut diserahkan oleh Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana secara simbolis kepada sejumlah warga di Kelurahan Gemah, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang pada Senin, 15 Januari 2024. 

Dari 3.583.000 keluarga penerima manfaat, masing-masing  mendapatkan 10 kg beras setiap bulan. Mereka akan memperoleh bantuan pangan cadangan beras tersebut hingga Juni 2024.

BACA JUGA: Bantuan Pangan Beras Bakal Disalurkan Hingga Juni 2024, Bulog Yakinkan Rasanya Pulen dan Enak

“Bantuan ini sebagai bentuk kepedulian dan perhatian pemerintah kepada masyarakat. Hingga saat ini masih banyak masyarakat yang masih membutuhkan,” kata Nana. 

Terkait bantuan pangan cadangan beras tersebut, saat ini angka kemiskinan ekstrem di Jawa Tengah masih 1,1%. Pada tahun 2024 ditargetkan bisa turun hingga 0% sebagaimana ditargetkan oleh pemerintah pusat. 

Nana berharap, bantuan pangan cadangan beras ini bisa membantu masyarakat kurang mampu dalam mengurangi beban pengeluaran keluarga. 

Terkait hal ini, Pemimpin Wilayah Perum Bulog Kanwil Jateng Akhmad Kholisun berharap, penyaluran beras pada  2024 bisa berlangsung tepat waktu seperti pada 2023. Pada tahun lalu, bantuan pangan cadangan beras tahap satu disalurkan pada Maret hingga Mei, lalu dilanjutkan dengan tahap dua, mulai Oktober sampai Desember. 

BACA JUGA: Meningkat, Penerima Bantuan Pangan di Jateng Tahun 2024 Bertambah Menjadi 3,5 Juta KPM

Untuk Desember, ada tambahan penyaluran bantuan pangan satu kali, sehingga total 7 bulan penyaluran.  

“Mudah-mudahan di tahun 2024 ini, kita juga dapat menyalurkan tepat waktu. Pada 2023, vendor kami yang menyalurkan adalah PT JPL. Sementara pada 2024 yang menyalurkan adalah PT POS,” kata Kholison. 

Sumber: