7 Cara Ampuh Melunasi Utang Pinjol dalam Waktu Cepat, Bebaskan Dompetmu dari Tagihan yang Membebani Hidup

7 Cara Ampuh Melunasi Utang Pinjol dalam Waktu Cepat, Bebaskan Dompetmu dari Tagihan yang Membebani Hidup

7 Cara Ampuh Melunasi Utang Pinjol dalam Waktu Cepat, Bebaskan Dompetmu dari Tagihan yang Membebani Hidup-ekonomi-radar tegal

3. Hemat pengeluaran

Untuk bisa melunasi utang pinjol dalam waktu cepat, Anda perlu menghemat pengeluaran. Anda bisa mulai dengan mengurangi pengeluaran yang tidak penting, seperti jajan, belanja online, dan nongkrong.

Anda juga bisa mencoba untuk mengurangi pengeluaran yang bisa dinegosiasikan, seperti biaya langganan internet dan TV kabel.

4. Mencari penghasilan tambahan

Jika Anda sudah menghemat pengeluaran, tetapi masih belum cukup untuk melunasi utang pinjol, Anda bisa mencari penghasilan tambahan.

Ada banyak cara untuk mencari penghasilan tambahan, seperti bekerja paruh waktu, berjualan online, atau menjadi freelancer.

BACA JUGA: Pentingnya Proteksi! Begini Cara agar HP Tidak Disadap Pinjol

 

5. Bernegosiasi dengan pemberi pinjaman

Jika Anda sudah merasa kesulitan untuk melunasi utang pinjol, Anda bisa mencoba untuk bernegosiasi dengan pemberi pinjaman.

Anda bisa meminta untuk keringanan bunga atau tenor. Anda juga bisa meminta untuk menunda pembayaran selama beberapa bulan.

6. Mengajukan restrukturisasi utang

Jika Anda sudah bernegosiasi dengan pemberi pinjaman, tetapi tidak ada kesepakatan yang bisa dicapai, Anda bisa mengajukan restrukturisasi utang.

Restrukturisasi utang adalah proses renegosiasi utang yang dilakukan oleh pihak pemberi pinjaman dan pihak peminjam.

BACA JUGA: Mengetahui Batas Pinjol dalam Menagih Utang, Cegah Penagihan yang Tidak Etis terhadap Nasabah

Sumber: