3 Resiko Bahaya Instal Aplikasi Pinjol Sembarangan Meski Cuma Iseng dan Gak Jadi Pinjam Sekalipun

3 Resiko Bahaya Instal Aplikasi Pinjol Sembarangan Meski Cuma Iseng dan Gak Jadi Pinjam Sekalipun

Ilustrasi. Resiko bahaya instal aplikasi pinjol sembarangan --Freepik

RADAR TEGAL - Kini berbagai macam aplikasi pinjol sudah tersedia di Play Store yang memudahkan masyarakat untuk meminjam uang saat kondisi darurat. Meskipun demikian Anda mesti tahu resiko bahaya bagi yang instal aplikasi pinjol sembarangan ini, meski cuma iseng dan gak jadi pinjam sekalipun.

 

Resiko bahaya instal aplikasi pinjol sembarangan,meski cuma iseng dan gak jadi pinjam sekalipun ini ternyata aplikasi pinjol ilegal. Yang dimana aplikasi pinjol ilegal ini sangat berbahaya bagi nasabahnya.

 

Seperti kita lihat banyak kasus di lingkungan masyarakat terkait pinjol ilegal yang didatangi debt collector dengan penagihan secara tidak etis dan bahkan suku bunga pun bisa tiba- tiba-tiba tinggi. Karena itu disarankan masyarakat membaca resiko bahaya instal aplikasi pinjol sembarangan, meskipun Anda iseng saja dan bahkan gak jadi pinjam uang sekalipun.

 

Jadi kira- kira apa saja risiko bahaya instal aplikasi pinjol sembarangan ,meski cuma iseng dan gak jadi pinjam uang sekalipun disana? Berikut daftar lengkapnya:

BACA JUGA: Pinjaman Online Apakah Wajib Dibayar? Nasabah Pinjol Ilegal Harus Tahu

1. Data Pribadi Bisa Dicuri dan Disalahgunakan

 

Untuk yang pertama, Anda harap hati- hati jika instal aplikasi pinjol sembarangan apalagi itu ternyata aplikasi pinjol ilegal yang belum resmi di awasi OJK. Saat instal aplikasi pinjol pastinya Anda akan dimintai data diri seperti KTP, foto selfie pegang KTP, nomor rekening, alamat rumah, nomor telepon dan lain sebagainya.

 

Data pribadi tersebut bisa dicuri dan disalahgunakan oleh pihak pinjol ilegal, tentunya ini sangat merugikan pada diri kita sendiri. 

 

2. Kesulitan Menutup Akun atau Menghapus Data Pribadi

 

Kemudian, saat Anda menginstal aplikasi pinjol sebenarnya data pribadi, maupun riwayat transaksi sudah disimpan. Namun jika kalian install aplikasi pinjol ilegal maka akan dibuat rumit dan kesulitan untuk menutup akun maupun menghapus data pribadi.

 

Pinjo ilegal ini akan menyimpan data pribadi Anda lalu kemudian bisa disalahgunakan dengan tujuan tidak baik.

BACA JUGA: Apakah Ada Modal Ada DC Lapangan dan Bisa Galbay? Simak Cara Pengajuan Pinjaman Agar Limit Tinggi

3. Terjerat Hutang Tanpa Sadar

 

Yang terakhir, jika Anda iseng install aplikasi pinjol ilegal meskipun gak pinjam uang sekalipun tanpa disadari telah menyetujui syarat dan ketentuan pada aplikasi. Terdapat beberapa aplikasi pinjol ilegal yang sengaja menyembunyikan dan rumit terkait syarat dan ketentuan pinjam di dalam aplikasi.

 

Nantinya tiba- tiba uang ditransfer ke nomor rekening nasabah tanpa diberitahu dan menagih hutang dengan jumlah suku bunga yang tinggi. 

 

Kkarena itu Anda mulai sekarang jangan asal install aplikasi pinjol sembarangan yang tentu merugikan pada diri kita sendiri. Jika Anda memang masih pemula dan ingin mengajukan pinjaman di aplikasi pinjol, lebih baik cari informasi dahulu terkait pinjol legal yang resmi diawasi OJK.

BACA JUGA: 4 Penyebab Nasabah Galbay Makin Cepat Didatangi DC Pinjol ke Rumah

Demikian pembahasan resiko bahaya instal aplikasi pinjol sembarangan, meskipun cuma iseng dan gak pinjam uang sekalipun. Semoga dengan membaca  artikel ini kita lebih hati-hati. (*)

Sumber: