5 Resiko Galbay KUR BRI yang Wajib Nasabah Ketahui, Benarkah Didatangi Debt Collector?

5 Resiko Galbay KUR BRI yang Wajib Nasabah Ketahui, Benarkah Didatangi Debt Collector?

Nasabah mesti tahu, inilah resiko galbay KUR --

RADAR TEGAL- Istilah galbay atau gagal bayar ternyata bukan untuk pinjol saja yah. Namun galbay KUR BRI juga bisa terjadi. Namun tahukah Anda resiko galbay KUR BRI? 

 

Seperti kita tahu program KUR (Kredit Usaha Rakyat) ini sangat membantu masyarakat terutama kalangan usaha UMKM untuk pinjam modal maupun mengembangkan usahanya agar semakin berkembang. Akan tetapi jika nasabah telat bayar ataupun galbay bagaimana? Anda mesti tahu dampak risiko galbay KUR BRI.

 

Menariknya dari KUR ini bisa pinjam modal dengan jumlah besar hingga Rp500 juta dengan suku bunga rendah dan tenor panjang dari 1 tahun hingga 5 tahun. Meskipun sangat menggiurkan Anda harus tahu resiko galbay KUR BRI.

 

Berikut ini adalah resiko galbay KUR BRI maupun telat bayar, apakah benar bakal didatangi debt collector ke rumah? Cek jawaban selengkapnya disini :

BACA JUGA: Cara Pengajuan KUR BRI Online hingga 100 Juta Tanpa Jaminan dan Bunga Rendah

Resiko galbay KUR BRI terbaru 2024

1. Denda

 

Untuk yang pertama, resiko galbay KUR BRI yakni adanya denda. Hal itu bisa dibilang sangat wajar karena berlaku di semua bank. Agar hal ini tidak ingin terjadi sebaiknya siapkan dana untuk membayar sebelum jatuh tempo tiba.

 

Apalagi jika nasabah anggap sepele karena KUR suku bunganya rendah, akan tetapi misalnya terus menerus tidak dibayar pastinya bunga tersebut semakin membengkak dan nasabah akan semakin kesulitan untuk melunasinya.

 

2. Kredit Skor Menurun

 

Selanjutnya, jika Anda telat bayar maupun galbay KUR BRI maupun pinjaman yang terkait dengan bank sudah dipastikan nama Anda masuk ke dalam laporan Slik OJK. Apabila tidak membayar KUR BRI otomatis skor kredit Anda menjadi jelek dan jika dibiarkan begitu saja, maka bisa masuk ke dalam daftar blacklist OJK.

 

Terkait hal ini kedepannya Anda akan kesulitan untuk mengajukan pinjaman di bank manapun bahkan pinjaman online sekalipun. 

BACA JUGA: Kapan KUR BRI 2024 Dibuka? Intip Syarat dan Cara Mengajukan Pinjaman hingga Rp500 Juta

3. Penagihan Debt Collector

 

Resiko galbay KUR BRI selanjutnya, siap-siap ada tim debt collector lapangan yang akan datang ke rumah Anda. Namun jika nasabah telat membayar dan tidak membayar cicilan, maka pihak BRI akan mengirimkan surat untuk segera melunasi tagihan yang tertunggak.

 

Bahkan yang paling ngerinya lagi, tak hanya surat saja jika nasabah tidak membayar hingga berbulan-bulan penagihan juga bisa dilakukan melalui debt collector lapangan.

 

4. Dilaporkan Pihak Berwajib

 

Kemudian jika nasabah KUR BRI tidak membayar dengan jangka waktu lama bisa dilaporkan ke pihak berwajib. Karena hal ini bisa saja terjadi apabila ada indikasi penipuan maupun terkait masalah hukum lainnya.

 

5. Penyitaan Jaminan

 

Terakhir, jika nasabah memberikan jaminan sebagai bagian pinjaman KUR seperti rumah, kendaraan, pihak bank bisa menyita jaminan tersebut jika Anda gagal bayar.

BACA JUGA:Gak Ribet dan Cepat Acc, Begini Cara dan Syarat Pengajuan KUR BCA 2024, UMKM Harus Catat Nih

Itu dia guys resiko galbay KUR BRI. Alangkah baiknya jika mau pinjam pikirkan terlebih dahulu dan prediksi pada diri sendiri sanggup tidaknya untuk membayar tagihan setiap bulannya. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: