58 Ribu Peserta BPJS Kesehatan PBI di Brebes Dinonaktifkan, Gara-gara Keterbatasan Anggaran

58 Ribu Peserta BPJS Kesehatan PBI di Brebes Dinonaktifkan, Gara-gara Keterbatasan Anggaran

Kepala Dinas Kesehatan Brebes, Ineke Tri Sulistiowati.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Sebanyak 58 ribu peserta BPJS Kesehatan PBI di Brebes dinonaktifkan. Peserta BPJS Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang didanai APBD Kabupaten Brebes dinonaktifkan karena keterbatasan anggaran Pemkab Brebes untuk menanggung iuran mereka.

Dari data yang diterima, 58 ribu peserta BPJS Kesehatan PBI di Brebes ini dinonaktifkan sejak November 2023 lalu hingga saat ini. Namun, Pemkab Brebes melakukan langkah alternatif agar warga miskin tetap mendapatkan pelayanan kesehatan.

Salah satunya, yaitu warga miskin yang tidak memiliki BPJS PBI dan bagi warga miskin yang BPJS PBI-nya dinonaktifkan, bisa mengurusnya kembali dengan skema non cut off dengan syarat menjadi pasien. Dengan begini, peserta BPJS Kesehatan PBI di Brebes yang dinonaktifkan tetap mendapatkan pelayanan kesehatan.

"Peserta BPJS PBI yang nonaktif bisa diaktifkan kembali jika peserta itu menjadi pasien dan dirawat di rumah sakit. Saat dirawat, sebelum 3x24 jam mereka bisa mengurus SKTM dari desa sampai di dinas kesehatan, nanti sebelum pukul 17.00 atau jam 5 sore, BPJS sudah aktif kembali dan bisa langsung digunakan," kata Kepala Dinas Kesehatan Brebes Ineke Tri Sulistiowati, Selasa 9 Januari 2023 terkait dengan penonaktifan peserta BPJS Kesehatan PBI di Brebes.

BACA JUGA: BPJS Kesehatan Tegal Ajak Kader JKN di Wilayahnya Membangun Kapasitas Diri

Dia menjelaskan, total peserta BPJS Kesehatan PBI di Brebes yang dibiayai pemerintah daerah jumlahnya mencapai 112 ribu peserta. Artinya, masih ada 54 ribu peserta BPJS PBI yang dibiayai Pemda Brebes yang statusnya masih aktif.

Hingga saat ini, 58 ribu peserta BPJS Kesehatan PBI di Brebes, sudah diaktifkan kembali karena mereka benar-benar membutuhkan. 

"Iuran yang dibayarkan Pemda itu per peserta BPJS PBI kelas III, Rp37.800 per bulan. Rp35 ribu dari pemda dan Rp2.800 dari bantuan iuran," jelasnya. 

Dia menambahkan, adanya penonaktifan peserta BPJS Kesehatan PBI di Brebes itu tidak mengganggu layanan kesehatan di Brebes. Hal ini lantaran rata-rata pengaktifan kembali BPJS PBI mencapai 1.200 peserta per bulan.

BACA JUGA: BPJS Kesehatan Tegal dan Kejari Brebes Bahas Kepatuhan Badan Usaha terhadap Perlindungan Kesehatan Pekerja

Penonaktifan juga dilakukan karena ada peserta yang datanya ganda, mutasi, meninggal, dan sebagainya. 

"Penonaktifan ini karena anggarannya memang tidak ada. Untuk anggaran dari APBD 2023 setelah perubahan itu Rp41 miliar, dan tahun ini ada penambahan di APBD 2024 menjadi Rp47 miliar," pungkasnya. (*)

Sumber: