6 Efek Samping Menggunakan AC untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa Picu Asma dan Alergi

6 Efek Samping Menggunakan AC untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa Picu Asma dan Alergi

Ilustrasi. Efek samping menggunakan AC untuk kesehatan --Freepik

RADAR TEGAL- Panas teriknya musim kemarau membuat kita membutuhkan penyejuk ruangan yakni AC. Tapi tahukah Anda efek samping menggunakan AC yang bisa berdampak buruk untuk kesehatan tubuh loh.

 

Efek samping menggunakan AC yang berdampak buruk untuk kesehatan yang perlu diwaspadai jika Anda berada di dalam ruangan AC sepanjang hari. Buat yang penasaran dampak buruk penggunaan AC apa saja, bisa simak artikel ini.

 

Jika Anda menggunakan AC setiap hari baik pagi, siang, sore dan malam ini bisa menimbulkan beberapa efek berbahaya bagi tubuh Anda. Ini dia ternyata efek samping menggunakan AC yang berdampak buruk untuk kesehatan.

 

Yuk kita simak, berikut ini 6 efek samping menggunakan AC yang berdampak buruk untuk kesehatan:

BACA JUGA: AC Dinding Terbaik Sharp, Ahlinya Ruangan Sejuk untuk Tingkatkan Kenyamanan Aktivitas Anda

1. Mata Kering

 

Jika Anda terlalu sering dan lama berada di ruangan AC ini dapat menimbulkan mata kering dan merah. Mata kering akan terasa gatal dan iritasi, oleh karena itu sebaiknya memilih untuk tidak berada di ruangan AC terlalu lama.

 

2. Kulit Kering

 

Selanjutnya efek samping menggunakan AC berdampak buruk untuk kesehatan yakni kulit Anda menjadi kering. Suhu dingin pada AC dan Anda terlalu di ruangan AC itulah yang jadi penyebabnya. Untuk menangani hal ini agar tidak terjadi, sebaiknya sebelum masuk ke dalam ruangan AC gunakan body lotion agar kulit tetap lembab.

 

3. Dehidrasi

 

Tingkat dehidrasi lebih tinggi pada ruangan AC dibandingkan ruangan lainnya. Jika AC terlalu menyerap kelembaban dari ruangan dan suhu terlalu dingin bisa menyebabkan dehidrasi. Sebaiknya Anda jika butuh waktu lama di ruangan AC, jangan lupa untuk rutin minum air putih yang banyak.

 

4. Masalah pernapasan

 

Berada di ruangan AC dalam waktu lama dapat menyebabkan gangguan pernapasan pada hidung. Kemungkinan Anda mengalami tenggorokan kering, rinitis dan hidung tersumbat. Rinitis adalah suatu kondisi yang menyebabkan peradangan pada selaput lendir hidung, hal ini disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri.

 

BACA JUGA: 5 Merk AC Terbaik Sepanjang 2023, Hemat Daya Listrik dan Mampu Tingkatkan Kualitas Udara Sekitar

5. Sakit Kepala

Selanjutnya efek samping menggunakan AC yang berdampak buruk untuk kesehatan yakni mengalami sakit kepala. Dehidrasi karena AC bisa menyebabkan sakit kepala dan migrain.

 

6. Asma dan Alergi

 

AC dapat memperburuk kondisi pada penderita asam atau alergi. Jika AC Anda tidak dibersihkan dan tidak dirawat dengan baik hal ini dapat meningkatkan resiko pemicu yang dapat memperburuk asma dan alergi.

 

Demikian penjabaran mengenai artikel efek samping menggunakan AC yang berdampak buruk untuk kesehatan tubuh yang bisa kami rangkum, semoga bermanfaat. (*)

Sumber: