Kelebihan dan Kekurangan Air Fryer, Alat Penggoreng Tanpa Minyak yang Diklaim Lebih Sehat dan Praktis

Kelebihan dan Kekurangan Air Fryer, Alat Penggoreng Tanpa Minyak yang Diklaim Lebih Sehat dan Praktis

Berikut ini kelebihan dan kekurangan air fryer--

RADAR TEGAL- Seperti kita ketahui air fryer yakni alat penggorengan tanpa menggunakan minyak dan bisa dibilang lebih sehat, praktis. Untuk sebelum membelinya Anda harus mengetahui kelebihan dan kekurangan air fryer terlebih dahulu.

 

Selain dikenal tanpa minyak, air fryer juga menghasilkan bahan makanan yang renyah dan matang sempurna seperti digoreng menggunakan minyak. Namun disisi lain tentunya terdapat kelebihan dan kekurangan air fryer.

 

Meskipun diklaim sebagai alat penggoreng lebih sehat, lantas apa saja kelebihan dan kekurangan air fryer? Cek selengkapnya pada pembahasan artikel ini.

 

Berikut ini kelebihan dan kekurangan air fryer yang meski Kamu ketahui :

BACA JUGA: Bahaya Air Fryer untuk Kesehatan yang Harus Diwaspadai, Benarkah Bisa Memicu Kanker?

Kelebihan air fryer

 

1. Lebih Sehat karena Bisa Mengurangi Lemak

 

Memasak bahan makanan menggunakan air fryer bisa mengurangi nilai kalori sebanyak 70-80 persen dan bisa mengurangi sedikit lemak, karena tanpa menggunakan minyak sama sekali.

 

2. Lebih Hemat Minyak Goreng

 

Disaat harga minyak goreng lagi melambung tinggi dan sulit dicari, memasak menggunakan air fryer bisa jadi solusinya. Karena Anda bisa memasak bahan makanan tertentu tanpa menggunakan minyak goreng.

 

3. Makanan Lebih Renyah dan Bebas Cipratan Minyak

 

Menggoreng menggunakan air fryer tentu bebas dari drama terkena cipratan minyak, karena alat yang satu ini seperti oven. Selain itu menggoreng dengan air fryer menghasilkan tekstur renyah pada bagian dalam dan lembut pada bagian luar, tentunya matang secara sempurna.

BACA JUGA: 4 Merk Air Fryer Watt Rendah Terbaik, Hasil Gorengan Jadi Lebih Sehat

4. Bisa Memanggang dengan Sistem Pengaturan Waktu

 

Selain bisa menggoreng, air fryer juga bisa loh untuk memanggang daging ataupun kue. Bahkan pada air fryer dilengkapi dengan sistem pengaturan waktu, sambil menunggu matang Kamu bisa melakukan pekerjaan rumah lainnya tanpa khawatir makanan gosong.

 

Kekurangan air fryer

 

1. Hanya Bisa Memasak Porsi Sedikit

 

Dengan ukurannya yang lebih kecil dan desainnya yang minimalis air fryer hanya bisa memasak makanan dalam porsi sedikit. Jadi lebih cocok hanya untuk keluarga kecil saja.

 

2. Boros Listrik

 

Memasak menggunakan air fryer memang menggunakan daya listrik cukup besar yakni 800-1000 watt yang tentu berdampak juga tagihan listrik setiap per bulannya.

 

3. Harganya Mahal

 

Memiliki keunggulan dalam memasak yang praktis dan lebih sehat tentu harga air fryer ini lebih mahal. Pada umumnya air fryer yang kualitasnya bagus dibanderol sekitar Rp500 ribu hingga Rp1 jutaan.

 

BACA JUGA: Cek Perbedaan Air Fryer dan Microwave, Apakah Layak Berada di Dapur Anda?

 

4. Rawan Rusak

 

Karena bentuknya yang kecil, air fryer memudahkan untuk dibawa kemanapun dan mudah dipindahkan. Oleh karena itu rawan jatuh dan rusak, jadi harus dijaga dengan baik karena jika adanya kerusakan, sparepartnya sulit dicari.

 

Demikian kelebihan dan kekurangan air fryer, apakah Kamu tertarik untuk membelinya? Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: