Honda Brio Jadi Mobil Paling Laris Setiap Tahun, Ternyata Ini yang Membuat Spesifikasinya Disenangi Orang

Honda Brio Jadi Mobil Paling Laris Setiap Tahun, Ternyata Ini yang Membuat Spesifikasinya Disenangi Orang

Spesifikasi Mobil Honda Brio--

RADAR TEGAL – Honda Brio menjadi mobil paling laris dalam 11 bulan tahun 2023 atau periode Januari hingga November. Berikut ini spesifikasi mobil Honda Brio.

Diketahui, penjualan mobil Brio telah mengalahkan mobil Avanza yang disebut sebagai mobil sejuta umat. Brio membukukan penjualan wholesales sebanyak 58.860 unit untuk gabungan di segmen LCGC dan City Car.

Berdasarkan data yang diolah dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), untuk pengiriman terbaik Brio terjadi pada tiga bulan pertama 2023 dengan rincian pada Januari tembus 7.327 unit.

Pada posisi kedua ditempati oleh Daihatsu Sigra. Mobil yang bermain di segmen LCGC tujuh penumpang ini telah berhasil terkirim dari pabrik  ke  diler sebanyak 57.139 unit.

BACA JUGA: 4 Penyakit Honda Brio Matic yang Sepele Tapi Menganggu, Bahkan Sering Dikeluhkan Para Penggunanya

Selanjutnya, di posisi ketiga terdapat mobil Avanza sebagai mobil sejuta umat di segmen Low MPV sebanyak 56.422 unit. Posisi keempat diisi dengan mobil Toyota Kijang Innova di eklas MPV sebanyak 55.900 unit.

Kelima, terdapat Toyota Calya yang terkirim sebanyak 41.683 unit sepanjang 2023. Dari daftar mobil paling laris di atas maka dapat dilihat bahwa segemn MPV masih menjadi  segmen paling besar di Indonesia.

Karakteristik masyarakat yang suka berkendara beramai-ramai membuat MPV segmen yang paling gemuk.

Spesifikasi Mobil Honda Brio

Mobil Honda Brio diketahui memiliki spesifikasi yang cocok untuk digunakan kebutuhan kendaraan harian. Sebab, mesinnya tergolong irit, namun tetap bertenaga.

Hal tersebut tentu menjadi salah satu alasan yang membuat banyak konsumen kendaraan roda empat Tanah Air ini memilih hatchback dari Honda ini. Honda Brio masuk dalam deratan daftar mobil terlaris di Indonesia setiap tahunnya.

BACA JUGA: Segini Konsumsi Bahan Bakar Honda Brio RS Facelift, Sanggupkah Kalahkan Konsumsi Bahan Bakar Daihatsu Sigra?

1. Mesin Mobil Honda Brio

Dalam hal performa, semua varian Honda Brio ini sudah menggunakan sumber tenaga yang seragam yakni mesin 1.199 cc yang bisa menghasilkan tenaga tertinggi 88,7 hp @6.000 rpm dan torsi puncak 110 Nm @4.600 rpm.

Untuk pilihan transmisinya tersedia manual 5 percepatan atau otomatis CVT. Apabila dibandingkan dengan LCGC lainnya yang menggunakan mesin 1.200 cc, tenaga mesin milik Honda Brio tergolong tinggi.

Sebagai perbandingan, diketahui bahwa Toyota Agya atau Daihatsu Ayla versi lama menggunakan mesin 1.200 cc memiliki  tenaga puncak 86,7 hp.

Berdasarkan hasil percobaan yang pernah dilakukan, mesin Honda Brio masih tergolong lebih irit bahan bakar dan masih enak diajak untuk “berlari” di jalan tol.

BACA JUGA: 5 Alasan Anda Harus Beli Honda Brio Satya, Mesin dan Suspensi yang Halus Janjikan Berkendara Jadi Lebih Fun?

2. Eksterior Mobil Honda Brio

Untuk bagian eksterior Honda Brio terdapat perbedaan anatara satu varian dengan yang lainnya. Hal ini bisa langsung Anda lihat pada bagian depan kendaraan.

Diketahui, mayoritas varian Honda Brio dilengkapi dengan fog lamp, namun fitur ini tidak akan bisa ditemui di varian terendah yakni Brio Saya S.

Kemudian, khusus untuk varian Brio RS sudah dilengkapi dengan lampu sein di spion, pelipatan spion elektris, side under spoiler, dan rear bumper with diffuser.

Tidak hanya itu, ukuran dan desain pelek antara varian-varian Brio Satya dan Brio RS juga mengalami perbedaan. Diketahui Semua varian-varian Brio RS dilengkapi dengan pelek alloy berukuran 15 inci.

Sedangkan varian-varian Brio Satya menggunakan pelek 14 inci berbahan alloy untuk Brio Satya E dan trim wheel untuk Brio Satya S.

BACA JUGA: Honda Brio Satya 2022 Banyak Lebihnya di Harga Rp150 Jutaan, Cocok untuk Keluarga Muda

Demikian ulasan mengenai spesifikasi mobil Honda Brio. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: