Tak Segampang Itu, Trik Hapus Data Pribadi Pinjol Belum Tentu Bisa Lepas dari DC Lapangan, Ini Penjelasannya

Tak Segampang Itu, Trik Hapus Data Pribadi Pinjol Belum Tentu Bisa Lepas dari DC Lapangan, Ini Penjelasannya

Gak Segampang Itu, Trik Hapus Data Pribadi Pinjol Belum Tentu Bisa Lepas dari DC Lapangan Ini Penjelasannya--Picture Edit By Using Corel Draw | Dimas Adi Saputra

RADAR TEGAL - Trik hapus data pribadi pinjol menjadi salah satu alternatif menghilangkan jejak nasabah untuk menyelesaikan urusannya dengan pinjol. Namun apakah cara seperti itu, sangatlah efektif untuk benar-benar hilang dari kejaran dc lapangan?

Saat nasabah sudah tidak punya urusan dengan pinjol, umumnya mereka akan memutuskan hubungan atau keterikatan. Adapun cara yang paling sering digunakan nasabah untuk memutuskan hubungan adalah dengan hapus data pribadi pinjol.

Yang di maksud hapus data pribadi pinjol  adalah memutuskan segala hubungan nasabah dengan pihak penyedia pinjaman online. Contohnya seperti menghapus nomor kontak, data pinjol, riwayat, hingga aplikasi pinjol.

Namun banyak orang yanag meragukan cara hapus data pribadi pinjol ini walaupun ini adalah salah satu cara yang direkomendasikan. Lalu apakah memang benar, tirik menghapus data pribadi tersebut benar-benar efektif?

BACA JUGA:Cara Menghapus Data di Pinjol yang Belum Lunas dengan Mudah agar Tidak Disalahgunakan

Trik hapus data pribadi pinjol apakah efektif?

Secara umum menghapus data pribadi dari aplikasi pinjaman online dapat membantu untuk mengurangi resiko dan intimidasi dari dc lapangan pinjaman online. Hal ini karena pinjaman dc lapangan tidak punya informasi pribadi nasabah, akhirnya mereka tidak bisa menghubungi nasabah tersebut.

Selain itu dengan informasi pribadi milik nasabah yang telah terhapus, dc lapangan juga tidak akan bisa melakukan teror, ancaman, dll. Maka dari itu, cara ini sering menjadi andalannya nasabah saat memutuskan hubungan dari pinjaman online yang mereka gunakan.

Namun yang perlu di ingat bahwa menghapus data pribadi dari aplikasi pinjaman online tidak bisa menjamin bahwa nasabah akan aman. Terlebih, menghapus hapus data pribadi pinjol juga belum menjamin  nasabah terlepas dari jeratan utang.

Debt collector lapangan pinjaman online tetap bisa menagih utang nasabah jika nasabah memang masih memiliki utang yang belum terlunaskan. Bahkan dc bisa menyeret nasabah ke jalur hukum apabila nasabah enggan membayar utang.

BACA JUGA:DC Pinjol Bisa Sita Kendaraan Nasabah Galbay sampai Lakukan Somasi Jika Punya 4 Syarat Ini

Selain itu, menghapus data pribadi dari aplikasi pinjaman online akan berdampak pada proses pelunasan utang. Hal ini karena nasabah tidak akan lagi dapat mengakses aplikasi pinjol untuk melunasi utang atau mengajukan restrukturisasi utang.

Langkah tepat terbebas jeratan utang

Alih-alih kabur dengan hapus data diri pinjol berikut adalah beberapa cara untuk terbebas dari jeratan utang:

  • Lengkapi informasi identitas dan alamat dengan benar pada aplikasi pinjol. Hal ini akan memudahkan korban untuk melakukan pelunasan utang atau mengajukan restrukturisasi utang.
  • Simpan bukti-bukti transaksi pinjaman, seperti perjanjian pinjaman, bukti transfer, dan bukti pelunasan utang. Bukti-bukti ini dapat digunakan sebagai dasar untuk melakukan pelunasan utang atau mengajukan gugatan ke pengadilan.
  • Jangan ragu untuk meminta bantuan kepada pihak berwenang, seperti OJK atau kepolisian, jika mengalami teror atau intimidasi dari pinjol.

BACA JUGA:Apa Saja yang Ditanyakan DC Pinjol Lapangan Saat Menagih Nasabah Galbay, Harus Persiapkan Hal Ini

Resiko nasabah menghapus data pribadi tanpa melunasi utangnya

Lalu apakah resiko yang akan datang apabila nekat menghapus data pribadi tanpa melunasi utang pinjaman online.Pertama pasti nasabah akan terus di datangkan debt collector pinjaman online walaupun aplikasi sudah terhapus.

Selain itu nasabah juga kerap akan mendapatkan tindakan tidak etis dari debt collector pinjaman online lapangan. Salah satunya seperti intimidasi yang tujuannya untuk menakut-nakuti nasabah sampai akhirnya mau membayar utang.

Akhir kata

Sumber: