Lahan Pertanian di Brebes Mengalami Pengurangan

Lahan Pertanian di Brebes Mengalami Pengurangan

Kepala Bidang Penataan Ruang Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air dan Penataan Ruang (DPSDAPR) Kabupaten Brebes Asyari.(Dedi Sulastro)--

RADAR TEGAL - Jumlah lahan pertanian di wilayah Kabupaten Brebes saat ini mengalami pengurangan. Dari data sebelumnya yang ada di Peraturan Daerah (Perda) seluas 67.856,61 ha saat ini tinggal 64.414,28 ha 

Hal itu disampikan oleh Kepala Bidang Penataan Ruang Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air dan Penataan Ruang (DPSDAPR) Kabupaten Brebes Asyari, Senin 18 Desember 2023.

Asyari menyebutkan, saat ini lahan pertanian sudah banyak yang alih fungsi menjadi pemukiman. Sehingga berdampak pada semakin berkurangnya jumlah lahan pertanian di Kabupaten Brebes.

"Kalau sesuai data dari Perda yang dulu mencapai 67.856,61 ha. Saat ini, lahan pertanian tinggal 64.414,28 ha," ujarnya.

BACA JUGA:Beralih Fungsi, Lahan Pertanian di Kabupaten Tegal Semakin Menyusut Minimal 10 Hektare

Dia menyebutkan, 64.414,28 ha itu merupakan luasan lahan pertanian dari Kementerian yang harus tetap terjaga karena ditetapkan sebagai Lahan Sawah yang Dilindungi (LSD). Karenanya, pihaknya tetap melakukan pengendalian agar lahan pertanian tetap terjaga.

"Tata ruang berfungsi membagi ruang secara adil untuk kepentingan berbagai sektor. Baik itu, luasan lahan pertanian ataupun pemukiman dan kawasan lainnya yang akan berfungsi sebagai kawasan yang memacu pertumbuhan ekonomi, menjaga keseimbangan lingkungan melalu upaya konservasi, dan kawasan yang berfungsi untuk menjaga kehidupan sosial yang dinamis," jelasnya.

Dia menambahkan, selain melakukan pembagian ruang secara adil, pihaknya juga akan menggunkan regulsi dalam perizinan pemanfaatan ruang sesuai amanat regulasi pemerintah. Dengan regulsi yang ada, lanjutnya, yakni sesuai Persetuajuan Pemanfaatan Kesesuiaan Kegiatan Pemanfaatan Ruang (PKKPR) bisa menjaga lahan pertanian di Brebes.

"Jadi selain melakukan penataan ruang agar tetap sesuai regulasi, kami juga berusaha tetap menjaga lahan pertanian agar tetap ada. Sehingga, hasil pertanian di Brebes tetap terjaga," pungkasnya.(*)

Sumber: