Cara Galbay Pinjol Ilegal Aman di 2024, Dijamin Aman dari Teror dan Kejaran DC Lapangan

Cara Galbay Pinjol Ilegal Aman di 2024, Dijamin Aman dari Teror dan Kejaran DC Lapangan

Cara Galbay Pinjol Ilegal Aman di 2024, Dijamin Aman Dari DC Lapangan-pexels.com/Karolina-pexels.com/Karolina

RADAR TEGAL – Cara galbay pinjol ilegal aman ini berisi bagaimana langkah-langkah yang bisa kamu lakukan jika ingin melakukan gagal bayar pada platform pinjaman online. Apalagi memang saat ini sudah banyak orang yang menggunakan platform pinjol untuk meminjam dana cepat.

Cara galbay pinjol ilegal aman ini bisa kamu lakukan jika ingin berhenti membayar kredit atau hutang dari pinjaman online dengan lebih aman. Khususnya bagi kamu yang takut pada DC lapangan yang biasanya melakukan berbagai tekanan saat menagih pinjol.

Cara galbay pinjol ilegal aman ini juga bisa menjadi salah satu alternatif cara agar kamu dapat melewati proses galbay dari pinjaman online ilegal. Karena sebenarnya bukan tidak mungkin bagi kamu untuk tetap aman setelah galbay, apalagi jika kamu menggunakan pinjol ilegal.

Cara galbay pinjol ilegal dengan aman

Pinjaman online ilegal sendiri sebelumnya sempat disebutkan oleh Menkopolhukam Mahfud MD tidak mempunyai izin operasional secara hukum. Artinya nasabah yang melakukan gagal bayar tidak akan bisa dituntut secara hukum oleh pihak pinjol.

BACA JUGA: 7 Cara Melunasi Utang Pinjol Tanpa Bunga agar Tidak Galbay, Nomor 2 Jarang Dilakukan Orang

Dengan begitu sebenarnya walaupun nasabah melakukan gagal bayar maka tidak akan terjadi masalah hukum apapun di kemudian hari. Namun hal ini tergantung syarat dan ketentuan yang kamu setujui saat melakukan peminjaman dana melalui pinjol.

Untuk penagihan juga tidak ada peraturan yang mengatur debt collector pinjaman online ilegal tersebut. Tidak heran kemudian banyak pinjol ilegal yang melakukan penagihan dengan kasar dan mengancam sebar data dan lainnya.

Namun, sebenarnya justru saat pihak pinjol ilegal melakukan sebar data, kamu yang bisa menuntut pihak pinjol tersebut karena menyebarkan data pribadi tanpa izin. Tapi tetap saja saat melakukan galbay, kamu harus melakukan beberapa tahapan agar tetap aman dari berbagai resiko lain.

Simak berikut ini cara galbay pinjol ilegal aman yang bisa kamu lakukan:

1. Menghapus Izin Akses Kontak pada Ponsel

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menghapus izin akses kontak yang tertaut pada aplikasi pinjol ilegal pada ponsel kamu. Dengan begitu kamu dapat mencegah debt collector agar tidak menghubungi kontak darurat atau menyebarkan data pribadi kamu pada kontak.

BACA JUGA: Cara agar Hutang Pinjol Hangus Tanpa Bayar, Anda Bisa Manfaatkan Program Ini

Dengan menghilangkan izin akses tersebut, kamu dapat menjaga keamanan informasi pribadi kamu dan mengurangi risiko gangguan yang tidak diinginkan.

2. Menghapus Aplikasi Pinjol

Selanjutnya kamu haru menghapus aplikasi pinjol ilegal dari ponsel kamu, untuk menghilangkan jejak dari pinjol ilegal tersebut. Dengan menghapus aplikasi, kamu dapat mencegah aplikasi pinjol ilegal untuk mendapatkan informasi lain dari ponsel kamu.

3. Tidak Panik saat Diteror Debt Collector

Jika kamu mulai menerima teror dari debt collector, kamu harus tetap tenang dan tidak panik, tetap dengarkan dengan baik apa yang mereka sampaikan. Kontrol emosi kamu agar dapat memahami situasi dan memberikan respons yang tepat tanpa tergesa-gesa.

4. Jangan Blokir Kontak Debt Collector

Selanjutnya hindari untuk memblokir kontak debt collector, karena jika diblokir biasanya mereka menjadi lebih agresif dalam melakukan teror. Tetap pertahankan komunikasi dan cobalah untuk menawarkan solusi pembayaran sesuai kemampuan kamu.

BACA JUGA: 6 Cara Melunasi Hutang Pinjol dengan Gampang, Nomer 5 Paling Sering Dilakukan

5. Jangan Tolak Panggilan dari Debt Collector

Sebaiknya kamu juga tidak menolak panggilan dari dect collector pinjol, karena biasanya mereka justru akan semakin emosi dalam menagih hutang. Tetap terima panggilan dan komunikasikan keadaan kamu seadanya kepada debt collector tersebut.

6. Laporkan ke Pihak Berwajib

Kamu juga bisa segera membuat laporan pada pihak berwajib seperti Kepolisian atau OJK untuk mendapatkan bantuan jika debt collector melakukan intimidasi. Kamu bisa mengumpulkan bukti-bukti seperti rekaman telepon atau screenshot chat dari debt collector untuk diberikan kepada pihak berwajib.

Trik galbay pinjaman online tak resmi lainnya

Berikut adalah beberapa tips tambahan yang bisa kamu lakukan ketika memutuskan untuk melakukan galbay pinjol ilegal secara aman :

  • Tidak memberikan informasi pribadi yang sensitif kepada debt collector.
  • Tidak memberikan uang kepada DC lapangan.
  • Tetapkan batas waktu pembayaran utang.
  • Cari informasi tentang kelemahan pinjol ilegal yang kamu gunakan.

Nah, itulah beberapa tips atau cara galbay pinjol ilegal aman yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari ancaman DC lapangan. (*)

Sumber: