Stabilkan Harga, Gerakan Pangan Murah Digelar Pemkab Brebes Besok

Stabilkan Harga, Gerakan Pangan Murah Digelar Pemkab Brebes Besok

Masyarakat antusias saat membeli sembako murah dalam kegiatan Gerakan Pangan Murah (GPM) yang digelar Pemkab Brebes melalui DPKP setempat beberapa waktu lalu. Dan besok, GPM bakal kembali digelar di DPKP Brebes.(Istimewa)--

RADAR TEGAL - Guna menstabilkannya harga sembako, Pemkab Brebes melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Brebes bakal kembali menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM). Kegiatan tersebut dipusatkan di DPKP Kabupaten Brebes, besok 27 Desember 2023.

Kepala DPKP Brebes Yulia Hendrawati melalui Kabid Ketahanan Pangan Yayuk Puji Rahayu mengatakan, kegiatan Gerakan Pangan Murah kali ini merupakan yang kesekian kalinya dilaksanakan. Ini tidak lain untuk menstabilkan harga sembako jelang akhir tahun.

"GPM (Gerakan Pangan Murah) ini kami laksanakan untuk kesekian kalinya. Ini untuk membantu masyarakat mendapatkan sembako dengan harga murah," ujarnya, Selasa 26 Desember 2023.

Dia menjelaskan, Gerakan Pangan Murah sendiri merupakan kerja sama dengan berbagai unsur. Baik itu Badan Urusan Logistik (Bulog) Cabang Pekalongan untuk komoditas beras dan minyak goreng.

BACA JUGA:Gerakan Pangan Murah Digelar di 3 Titik di Kota Tegal, Sediakan Kebutuhan Pokok dengan Harga Terjangkau

Kemudian, Asosiasi Bawang Merah Indonesia (ABMI) untuk komoditas bawang merah juga ikut dalam kerja sama Gerakan Pangan Murah.

"Kemudian kerja sama dengan KTNA untuk sayuran, buah-buahan dan produk pangan lainnya," jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga bekerjasama dengan Prima Food untuk bahan pangan frozen. Baik itu daging ayam, olahan, dan telor ayam.

"Untuk sasarannya sendiri merupakan masyarakat umum. Ini agar membantu masyarakat mendapatkan bahan pangan dengan harga yang lebih murah," ucapnya.

BACA JUGA:Gerakan Pangan Murah, BUMD Jateng Bagi-bagi Beras Subsidi 170 Ton Senilai 510 Juta

Dalam Gerakan Pangan Murah, beras 5 kilogram (Kg) dan minyak 1 liter dijual dengan harga Rp66 ribu. Beras dari petani 5 kg dijual dengan harga Rp60 ribu. Bawang merah dijual dengan Rp25 ribu per kg dan lain sebagainya.

Demikian informasi terkait Gerakan Pangan Murah di Brebes. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: