Waspadai Promo Pinjol Legal dan Ilegal Jelang Tutup Tahun, Salah-salah Malah Bisa Bikin BI Checking Buruk

Waspadai Promo Pinjol Legal dan Ilegal Jelang Tutup Tahun, Salah-salah Malah Bisa Bikin BI Checking Buruk

WASPADA - Banyaknya promo pinjol legal dan ilegal menjelang tutp tahun 2023, harus diwaspadai calon nasabah supaya tidak terjebak gagal bayar dan jeratan hutang yang menumpuk.--

RADAR TEGAL - Ternyata promo pinjol legal dan ilegal bisa sangat berbahaya, hingga menjebak dan membuat BI Checking buruk.

Terlebih jika menggunakan pinjol semi legal maupun ilegal yang transaksinya tidak transparan. Hingga membuat para nasabah sulit membayar hutang dan berakibat BI Checking maupun riwayat kredit buruk.

Jika masyarakat tergiur dengan mudahnya promo pinjol legal dan ilegal terlebih adanya kemudahan pencairan yang cepat, perlu ketahui akibatnya. Sehingga calon nasabah dapat terhindar dari risiko jeratan hutang pinjol

Apalagi banyak yang belum mengetahui apa saja bahaya dari promo pinjol legal dan ilegal tersebut. Sekadar informasi, aplikasi pinjol biasanya jauh-jauh hari sudah menetapkan berapa besaran cicilan, tenor, dan suku bunganya.

Karena itu ketahui dahulu bagaimana cara mencegah dan menghindari promo-prom pinjaman online yang berbahaya tersebut. Pasalnya, beberapa modus yang sering dilakukan yakni dengan menggunakan kalimat-kalimat yang provokatif.

BACA JUGA: 3 Solusi Lepas dari Jeratan Hutang Pinjol, Begini Cara Melunasinya

Nasabah terjerat hutang pinjol

Banyak nasabah yang terjebak ke pinjol ilegal hingga sulit bayar dan membuat debt collector datang ke rumah. Bahkan penagih hutang tidak segan meneror nasabah tersebut melalui telepon ataupun mengancam dengan media sosial.

Banyak rayuan dari pinjaman online legal maupun ilegal yang cukup bahaya. Terlebih jika baru mencoba menggunakan hingga akhirnya tergiur dengan penawaran. Maka simak beberapa rayuan pinjaman online yang perlu diwaspadai agar tidak terjebak jeratan hutang yang menyulitkan.

Beberapa promo yang kerap digunakan aplikasi pinjol, di antaranya adalah sebagai berikut: 

1. Promo Menarik

Promo menarik bisa jadi salah satu cara pinjol ilegal maupun legal untuk masyarakat agar mengunduh aplikasi. Sehingga bisa mencoba fitur yang tersedia untuk kemudahan pelayanan.

Tapi ketahui dalam promo yang menarik apakah transparasi transaksi dilakukan. Jika tidak pikirkan kembali apakah ingin tetap melakukan pengajuan pinjaman.

BACA JUGA: 6 Cara Menghindari Beban Hutang Pinjol dengan Tenang dan Tidak Bikin Stres

Sumber: