Sehari Jelang Natal, Polisi Sterilisasi Tempat Ibadah di Tegal

Sehari Jelang Natal, Polisi Sterilisasi Tempat Ibadah di Tegal

Sterilisasi tempat ibadah di Kabupaten Tegal--

RADAR TEGAL - Sehari menjelang perayaan Natal, jajaran Polres Tegal melakukan sterilisasi tempat ibadah yang ada di Kabupaten Tegal. Tujuannya, untuk mencari benda berbahaya yang dapat mengganggu keamanan pelaksanaan ibadah.

Dalam sterilisasi tempat ibadah di Tegal kali ini, Polres juga menerjunkan Anjing pelacak dari satuan K-9. Total ada belasan gereja yang disisir.

Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakun mengatakan pihaknya melakukan sterilisasi 13 tempat ibadah di Kabupaten Tegal yang akan melaksanakan Perayaan natal. Tujuannya, menjamin keamanan dan ketertiban pelaksanaan ibadah tersebut.

"Sterilisasi tempat ibadah kali ini juga bersinergi dengan dengan Kodim 0712 Tegal. Instansi terkait dan pemuda gereja untuk menggelar pengamanan secara maksimal,"katanya.

BACA JUGA:Anjing Pelacak dan Metal Detektor Diturunkan untuk Sterilisasi Gereja di Kota Tegal

Menurut Kapolres, sterilisasi dilaksanakan 1 Jam sebelum Jadwal Ibadah dilaksanakan. Dengan menggunakan metal detector dan kemampuan satwa anjing pelacak.

"Personel juga melakukan pemindaian pada lokasi-lokasi yang dianggap rawan oleh pemuda gereja. Peran lain dari pemuda gereja adalah melakukan pendampingan indentifikasi pengunjung gereja karena lebih memahami jemaah,"tandasnya.

Menurut Kapolres, pelaksanaan sterilisasi tempat ibadah di Tegal, diharapkan dapat memelihara kondusifitas Kamtibmas. Utamanya, di sekitar lokasi tempat ibadah Natal.

Kasatsamapta AKP Surahno, SH, MH, menambahkan tempat yang sudah disterilisasi diberi tanda berupa stiker. Yakni bertuliskan, okasi Ini Telah Disterilisasi Polres Tegal.

BACA JUGA:Antisipasi Teror saat Paskah, Polres Tegal Kota Terjunkan K-9 dan Jibom Sterilisasi Gereja

"Shingga dengan sterilisasi tempat ibadah di wilayah Kabupaten Tegal, pengunjung akan merasa aman. Untuk melakukan ibadah Natal," tambahnya. (*)

Sumber: