Bukan Cuma Liat Harga, Ini 4 Cara Memilih TV 4K yang Tepat agar Bisa Memenuhi Semua Kebutuhan

Bukan Cuma Liat Harga, Ini 4 Cara Memilih TV 4K yang Tepat agar Bisa Memenuhi Semua Kebutuhan

Ilustrasi. 4 cara memilih TV 4K yang tepat agar bisa memenuhi kebutuhan hiburan-freepik-

3. Pahami format HDR yang didukung

Cara memilih TV 4K yang tepat selanjutnya juga dengan memperhatikan format HDR yang didukung. HDR merupakan High Dynamic Range yang gunanya mengatur rasio kontras TV 4K.

Mulai dari membantu menajamkan gambar yang terlihat gelap sampai menampilkan warna yang lebih realistis. Adapun format umum yang digunakan biasanya HDR10, HDR10+, dan Dolby Vision.

Untuk format HDR10 termasuk paling standar yang sudah kompatibel dengan game console seperti PS4, PS5, dan XBOX. 

Format HDR10+ tampilan gambarnya lebih nyata dan realistis, dengan kontras lebih akurat dibanding HDR10. Sementara untuk format Dolby Vision bisa menghasilkan cahaya 10 kali lipat lebih baik dibanding HDR10 yang juga sudah kompatibel dengan game console.

BACA JUGA : Rekomendasi 3 Merk TV Digital Terbaik Ukuran 32 Inch Harga 1 - 2 Jutaan, Punya Kualitas Mantul

4. Fitur

Hal yang harus diperhatikan selanjutnya sebelum membeli TV 4K adalah fitur-fitur yang dimiliki. Misalnya Smart TV yang dibekali aplikasi layanan streaming tanpa perlu perangkat tambahan.

Fitur lainnya yaitu Android TV yang bisa memungkinkan Anda menginstall aplikasi lewat Google Play di TV. Fitur ini juga memiliki Google Assistant yang bisa memudahkan Anda mengoperasikan TV lewat perintah suara.

Kesimpulan

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum membeli TV 4K. Mulai dari ukuran yang harus disesuaikan dengan ruangan, panel LED, format HDR yang didukung, serta fitur yang dimiliki seperti Smart TV atau Android TV.

Demikian 4 cara memilih TV 4K yang tepat agar bisa memenuhi kebutuhan hiburan Anda. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: