Bukan Cuma Liat Harga, Ini 4 Cara Memilih TV 4K yang Tepat agar Bisa Memenuhi Semua Kebutuhan

Bukan Cuma Liat Harga, Ini 4 Cara Memilih TV 4K yang Tepat agar Bisa Memenuhi Semua Kebutuhan

Ilustrasi. 4 cara memilih TV 4K yang tepat agar bisa memenuhi kebutuhan hiburan-freepik-

RADAR TEGAL – Artikel ini menyajikan 4 cara memilih TV 4K yang tepat agar bisa memenuhi semua kebutuhan Anda. Tidak hanya dilihat dari harga, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum Anda memutuskan membelinya.

Cara memilih TV 4K yang tepat ini wajib diketahui karena tiap spesifikasi TV bisa berbeda satu sama lain. Sehingga, nantinya Anda tidak salah pilih TV dan bisa memenuhi kebutuhan yang Anda inginkan.

Berikut selengkapnya 4 cara memilih TV 4K yang tepat agar bisa memenuhi kebutuhan Anda. Pastikan Anda menyimak ulasan ini sampai akhir.

4 cara memilih TV 4K yang tepat

Tampilan gambar 4K ini memang menawarkan ketajaman gambar yang tajam, sehingga makin menambah kenyamanan saat menonton. Maka dari itu, di bawah ini cara memilihnya agar Anda mendapatkan produk yang terbaik.

BACA JUGA : 5 Smart TV LED 32 Inch Paling Murah dan Terbaik 2023 yang Bisa Dibeli di e-Commerce

1. Sesuaikan ukuran TV dengan ruangan

Meski sepele, namun ukuran TV memang harus disesuaikan dengan ruangan tempat akan diletakan nantinya. Sebagai contoh, ukuran layar TV 4K yang paling tepat yaitu 39 inch untuk tiap 1 meter jarak pandang.

Anda bisa memperkirakan jarak pandang idealnya dengan rumus ukuran layar dibagi 39, Selain itu, pastikan juga apakah ruangan bisa memberikan fasilitas untuk jarang pandang tersebut. 

Biasanya ukuran TV resolusi 4K ini kisaran 43 inch sampai 55 inch. Jika Anda memiliki ruangan yang minimalis, pertimbangkan ukuran 43 inch, sementara jika ruangan Anda luas pilih 50 inch atau 55 inch.

2. Panel LED

Cara pilih TV UHD selanjutnya dengan memperhatikan panel LED nya. Berdasarkan dari posisi backlit, panel LED ada 2 tipe yaitu direct LED (DLED) dan edge LED (ELED). Namun, sayangnya TV 4K di Indonesia jarang menggunakan panel tipe ELED. 

BACA JUGA : Harga Rp1 Jutaan, Inilah Kelebihan Smart TV CooCaa 32S5C yang Perlu Anda Ketahui

Panel tipe DLED bisa memberikan kecerahan yang lebih tinggi serta kontras lebih baik. Biasanya TV yang menggunakan panel ini memiliki layar tebal dan menghabiskan lebih banyak daya. 

Sumber: