Pakai Uang Pribadi, Anggota DPRD Realisasikan Pengerukan di Dermaga Muarareja Kota Tegal

Pakai Uang Pribadi, Anggota DPRD Realisasikan Pengerukan di Dermaga Muarareja Kota Tegal

Pengerukan di dermaga Muarareja Kota Tegal--

RADAR TEGAL - Anggota DPRD Yusuf Albaihaqi merealisasikan aspirasi masyarakat nelayan untuk melakukan pengerukan di dermaga Muarareja Kota Tegal. Pasalnya, aktivitas mereka terkendala dengan adanya pendangkalan di sana.

Perahu mereka kerap mengalami kesulitan saat keluar masuk di dermaga. Akhirnya, meski harus merogoh kocek pribadi untuk menyewa ekscavator untuk melakukan pengerukan di dermaga Muarareja Tegal, Yusuf pun segera merealisasikannya.

Pengerukan di dermaga Muarareja Tegal dilakukan karena pendangkalannya cukup parah. Tidak sedikit kapal yang akhirnya terpaksa batal melaut karena akses keluar terhambat. 

Anggota Komisi III Yusuf Albaihaqi mengatakan semula dirinya berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) guna meminjam excavator untuk melakukan pengerukan di dermaga Muarareja Tegal. Namun, sudah dua pekan, excavator masih dipakai di Sungai Kemiri dan proyek pembangunan Mall Pelayanan Publik. 

BACA JUGA:Sambut Hari Armada RI, 200 Orang Bersihkan Dermaga Pelabuhan Tegal

"Tadinya, saya berkoordinasi dengan DPUPR untuk meminjam ekscavator. Namun, dua minggu berlalu rupanya masih dipakai untuk pengerukan di Sungai Kemiri,"katanya.

Karena mendesak, kata Yusuf, dirinya berinisiatif merealisasikan aspirasi warga tersebut. Sehingga, akhirnya merogoh kocek pribadi untuk mendatangkan mesin pengeruk yang biaya sewanya berkisar Rp7 juta per hari. 

"Bismillah, dengan uang pribadi saya menyewa alat berat untuk melakukan pengerukan di dermaga Muarareja. Ini, sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat Kelurahan Muarareja, khususnya nelayan tradisional aradan,"ujarnya.

Dengan pengerukan itu, lanjut Yusuf, dirinya berharap dapat memperlancar aktivitas kapal nelayan. Tidak ada lagi kapal yang terhambat dan saling cekcok antarnelayan. 

BACA JUGA:Alami Pendangkalan, 4 Sungai Besar di Pantura Kabupaten Tegal Harus Dinormalisasi

"Sehingga, nelayan bisa pergi melaut dengan lancar. Serta menghasilkan pendapatan untuk menafkahi keluarganya,"tandasnya.

Menyaksikan aspirasinya terealiasi, nelayan menyampaikan terimakasih kepada Yusuf. Mereka berharap, dengan pengerukan tersebut dermaga Muarareja Tegal diharapkan perekonomian nelayan yang menggantungkan hidupnya dari hasil melaut meningkat. (*)

Sumber: