Personel Polres Tegal Gelar Patroli Bersepeda Tiap Sore, Ini Tujuannya

Personel Polres Tegal Gelar Patroli Bersepeda Tiap Sore, Ini Tujuannya

Patroli bersepeda personel Polres Tegal--

RADAR TEGAL - Jajaran Polres Tegal punya cara yang berbeda untuk menjaga situasi kondusif saat berlangsungnya tahapan Pemilu 2024. Tiap sore, sejumlah anggota melakukan patroli dialogis bersepeda.

Menurut Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakun melalui Kasat Samapta AKP Surahno patroli bersepeda dilakukan personel Samapta yang melaksanakan piket dan tergabung dalam Satgasres Preventif. Mereka berkeliling menempuh rute sejauh 3-5 KM.

"Patroli ini kita lakukan dengan bersepeda untuk turut menjaga persatuan dan kesatuan, utamanya dalam tahapan Pemilu 2024. Kegiatan, dimulai dari titik start dan finish berada di Markas Polres Tegal,"katanya.

Menurutnya, patroli bersepeda digelar melewati rute yang tingkat kerawanan gangguan pada kategori rendah ke menengah. Sebab, di lokasi itu membutuhkan kehadiran polisi sebagai upaya memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat. 

BACA JUGA:Polres Tegal Siapkan Langkah untuk Antisipasi Trouble Saat Natal dan Tahun Baru 2024

"Dalam patroli, anggota menyambangi tukang parkir, satpam obyek vital, toko emas, ruko pusat perbelanjaan dan obyek-obyek sepanjang rute di jatung kota Slawi. Mereka memberikan edukasi petingnya partisipasi masyarakat menjaga kamtibmas jelang pemilu 2024,"tandasnya.

Surahno menambahkan, patroli bersepda menjadi salah satu upaya pemeliharaan kamtibmas di sekitar mako Polres Tegal dengan radius 3-5 KM. Tujuan utamanya untuk pencegahan terjadinya gangguan keamanan seperti tindak kriminalitas, tawuran, dan sebagainya.

"Sebelum berpatrolo, anggota kami bekali dengan materi pentingnya partisipasi masyarakat dalam menjaga kamtibmas jelang pemilu 2024. Seperti tetap merawat persatuan dan persaudaraan,"jelasnya.

Selain itu, juga imbuh Surahno, imbauan lainnya yakni teliti sebelum menerima sampai menyebarkan informasi. Kuga menggunakan hak pilih secara bijak dengan mengenali prestasi-prestasi para calon baik Presiden, DPR maupun DPRD. (*)

Sumber: