2 Risiko Hapus Izin Akses Pinjol saat Masih Punya Hutang, Malah Bikin Hidup Makin Gak Tenang

2 Risiko Hapus Izin Akses Pinjol saat Masih Punya Hutang, Malah Bikin Hidup Makin Gak Tenang

2 risiko hapus izin akses pinjol saat masih punya hutang-freepik-

RADAR TEGAL – Ada 2 risiko yang bisa terjadi jika hapus izin akses pinjol saat masih punya hutang. Alih-alih ingin terbebas dari tagihan, justru bisa berujung membuat hidup semakin tidak tenang, lho.

Risiko hapus izin akses pinjol saat masih punya hutang ini bisa terjadi baik itu pada platform pinjaman online legal maupun ilegal. Jika dibiarkan semakin lama menunggak, maka reputasi serta skor kredit Anda juga buruk ke depannya.

Berikut ini 2 risiko yang bisa terjadi jika hapus izin akses pinjol saat masih punya hutang. Bagi peminjam yang gagal bayar lebih baik pikir-pikir lagi.

2 risiko hapus izin akses pinjol saat masih punya hutang

Kabur dari tagihan pinjaman online tidak semudah seperti menghapus aplikasinya begitu saja dari ponsel. Ada beberapa dampak buruk yang tetap akan terjadi jika sengaja kabur dari tagihan pinjol.

BACA JUGA : Data Masih Baru dan Tidak Pernah Galbay tapi Ditolak Pinjol, Kemungkinan 2 Hal Ini Penyebabnya

OJK sendiri sudah menyampaikan bahwa pinjol resmi atau pinjol legal hanya boleh meminta akses ponsel pengguna untuk 3 fitur, yaitu kamera, lokasi, dan mikrofon.

Pinjaman online legal dilarang untuk menyebarkan data pribadi nasabahnya kepada pihak lain. Apalagi sampai disalahgunakan untuk hal yang negatif atau keuntungan pribadi.

Bukan hanya penyedia layanan pinjaman yang memiliki aturan, namun nasabah pinjol juga harus mengikuti peraturan yang ada salah satunya membayar hutangnya sampai lunas. Terutama jika mengajukan pinjaman di platform yang legal.

Jika nasabah sengaja hapus izin akses pinjol saat masih punya hutang tentunya akan menimbulkan risiko buruk kepada orang itu sendiri. 

Saat menghapus izin akses pinjol memang membuat nasabah tersebut tidak lagi bisa mengakses aplikasi dan melihat informasi apapun terkait pinjamannya. Namun, bukan berarti bisa lepas dari tanggungjawab hutang yang harus dibayarkan.

Risiko pertama yang akan terjadi jika sengaja kabur dari tagihan pinjol, yaitu suku bunga dan denda tetap akan bertambah tiap harinya.

BACA JUGA : 6 Penyebab Skor Kredit Tetap Buruk Meski Hutang Pinjol Sudah Lunas, Jarang Banget Disadari

Hal ini makin menyulitkan si peminjam untuk melunasi hutang, karena suku bunga bisa lebih tinggi dibanding jumlah hutang pokoknya.

Sumber: