7 Cara Merawat Smart TV agar Lebih Awet dan Tidak Cepat Rusak, Nomor 4 Sering Banyak Orang Lupakan

7 Cara Merawat Smart TV agar Lebih Awet dan Tidak Cepat Rusak, Nomor 4 Sering Banyak Orang Lupakan

Cara Merawat Smart TV agar Lebih Awet--

Meskipun kamu sudah meletakkan smart TV di tempat yang tidak banyak debu, harus tetap dibersihkan secara rutin. Kamu bisa melakukan perawatan secara berkala dengan memakai cleaning kit minimal satu kali seminggu.

Cleaning kit biasanya berupa cairan khusus pembersih layar dengan kain mikrofiber. Untuk mendapatkannya, kamu bisa membelinya di toko elektronik dekat rumah.

3. Mengatur Suhu Ruangan

Selain meletakkan TV di area yang tidak berdebu cara merawat smart TV yang lain yaitu, kamu perlu untuk menjauhkan barang ini dari sinar matahari. Cara ini dilakukan untuk menghindari komponen televisi yang mudah rusak.

BACA JUGA:Sama-sama Dijual Rp2 Juta, Ini Perbedaan Smart TV Samsung T4001 dan T4003 yang Berlayar 32 Inch

Karena panas akibat ruangan yang mudah panas dan sinar matahari dapat menyebabkan komponen TV rusak.

4. Menjauhkkan TV dari Magnet dan Ponsel

Ketika menonton TV, kamu mungkin masih memakai ponsel di dekat televisi. Jika kamu sering melakukan ini, lebih baik untuk menguranginya karena dapat berakibat buruk.

Gelombang elektromagnetik yang ada pada smartphone bisa menganggu performa dari smart TV. Selain smartphone, benda magnet juga dapat merusak TV karena warna televisi akan menjadi biru atau hijau di sisi tertentu.

5. Matikan TV Jika Tidak Ditonton

Selanjutnya adalah mematikan televisi jika tidak ditonton. Selain bisa untuk menghemat biaya listrik, smart TV yang terus menerus dinyalakan dapat mempengaruhi performa dan kualitas layar TV.

BACA JUGA:7 Smart TV Termahal di Dunia Berharga Miliaran, Spesifikasinya Lengkap seperti Bioskop

6. Perhatikan Cara Mematikan TV

Kamu perlu memperhatikan bagaimana cara mematikan smart TV yang dimiliki. Salah dalam mematikan dapat menyebabkan kerusakan pada beberapa bagian atau komponen TV.

Jangan pernah mematikan televisi dengan langsung mencabut colokan listrik. Tapi, matikan TV dengan menggunakan remot terlebi dahulu, setelah mati baru kamu bisa mencabut colokannya.

Sumber: