Perbandingan Bunga Pinjol RI Vs Malaysia, Filipina, Thailand, dan Inggris Mana yang Paling Gede?

Perbandingan Bunga Pinjol RI Vs Malaysia, Filipina, Thailand, dan Inggris Mana yang Paling Gede?

Perbandingan Bunga Pinjol RI Vs Malaysia, Filipina, Thailand, dan Inggris Mana yang Bunganya Paling Gede?--Picture Edit By Using Corel Draw | Dimas Adi Saputra

RADAR TEGAL - Simaklah artikel ini yang akan membahas informasi seputar perbandingan bunga pinjol RI vs Malaysia, Filipuna, Thailand dan Inggris negara mana yang bunganya paling besar.

Melihat bunga pinjol RI yang semakin ke depan berkemungkinan akan turun secara bertahap, bagaimana dengan bunga pinjaman online di negara lain?

Hal ini disampaikan oleh OJK yang mengatakan ada 4 negara yang menjalankan bisnis fintech P2P lending atau yang biasa dikenal dengan pinjaman online. Namun, apakah bunga yang dibebankannya sama dengan bunga pinjol RI.

Menanggapi pertanyaan ini, Radar Tegal sudah mengutip ke beberapa sumber, salah satunya dalah Bisnis.com, yang membahas topik yang sama, yakni perbandingan bunga pinjol RI dengan 4 negara lain.

BACA JUGA:OJK Resmi turunkan Bunga Pinjol Per Hari, Pinjam Uang Hari Ini Bayar sampai Tahun Depan

Nah langsung saja, tanpa berlama-lama di bawah ini adalah perbandingan bunga pinjaman online di Indonesia dengan 4 negara lain (Malaysia, Filipuna, Thailand dan Inggris)

Perbandingan bunga pinjol RI dengan bunga pinjol negara lain

Berdasarkan Roadmap Pengembangan dan Penguatan Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi 2023–2028, negara-negara yang memiliki bisnis pinjol antara lain Malaysia, Thailand, Filipina, dan Inggris.

Berikut adalah perbandingan bunga pinjaman online Indonesia dengan negara-negara lain:

1. Bunga Pinjol Indonesia

Seperti yang sudah kita ketahui, Otoritas Jasa Keuangan atau OJK telah menetapkan batas maksimum bunga pinjaman online (pinjol) secara bertahap. Mulai tahun depan, bunga pinjol maksimal 0,3% per hari, atau setara dengan 9% per bulan.

BACA JUGA:Perbandingan Bunga Pinjol Legal OJK, Jadi Solusi Bisnis!

Adapun bunga pinjol RI akan turun lagi pada tahun 2025 dan 2026. Lebih jelasnya pada tahun 2026, bunga pinjaman oline maksimal adalah 0,1% per hari, atau setara dengan 3% perbulan.

2. Bunga Pinjol Malaysia

Sumber: