116 Mustahik Menerima Bantuan dari Baznas Kota Tegal, Walikota Tegal Dedy Yon: Pengumpulan ZIS Lebih Meningkat

116 Mustahik Menerima Bantuan dari Baznas Kota Tegal, Walikota Tegal Dedy Yon: Pengumpulan ZIS Lebih Meningkat

Pentashorufan bantuan dari Baznas Kota Tegal--

RADAR TEGAL - Seratusan mustahik menerima bantuan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Tegal. Mereka terdiri dari marbot, mustahik produktif dan lainnya.

Penyerahan bantuan kepada mustahik dari Baznas itu dilakukan pada Rabu, 13 Desember 2023 kemarin. Hadir dalam kegiatan penyerahan, Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono, Ketua Baznas Harun Abdi Manaf dan sejumlah pejabat lainnya.

Dalam sambutannya, Walikota Tegal, Dedy Yon Supriyono menyampaikan bantuan bagi mustahik ini berasal dari Baznas. Selaku lembaga pengelola dan penyalur zakat, dalam hal ini telah berhasil menjadi penjaga amanat umat hingga detik ini. 

"Kondisi tersebut dapat kita lihat bahwa program ZIS ini telah berjalan dengan lancar selama bertahun-tahun. Serta dapat dimanfaatkan dengan benar penerima bantuan dari Baznas ini,"katanya.

BACA JUGA:Pelatihan Barbershop, Satpam dan Pijat Terapis Digelar Baznas, Ini Sasarannya

Karenanya, kata Dedy Yon, pihaknya mengucapkan mengapresiasi kepada Baznas yang terus menerus berkontribusi dalam membangun kemajuan masyarakat. Terutama peningkatan sumber daya manusia. 

"Kita berharap pengumpulan zakat, infaq dan shodaqoh setiap tahunnya dapat lebih meningkat lagi. Sehingga jumlah yang dibantu pun dapat menjangkau masyarakat yang lebih luas lagi,"ujar Dedy Yon.

Ketua Baznas Kota Tegal Harun Abdi Manaf dalam laporannya menyampaikan mustahik penerima bantuan kali ini sebanyak 116 orang. Mereka terdiri dari marbot sebanyak 80 orang, mustahik produktif sebanyak 28 orang, rumah tidak layak huni (rutilahu) sebanyak 1 orang dan lain-lain sebanyak 7 orang.

"Kalau jumlah total mustahik pada kegiatan pentashorufan ZIS di Desember 2023 sebanyak 689 mustahik. Nantinya akan diselenggarakan di tujuh tempat,"ujar Harun.

Harun mengungkapkan, Jumlah dana ditashorufkan sebesar Rp346.696.985. Itu, berasal dari dana zakat, infak dan sedekah yang dihimpun dari ASN, karyawan BUMD di ASN dan ASN Instansi vertikal serta dari masyarakat. (*)

Sumber: