Pelatihan Barbershop, Satpam dan Pijat Terapis Digelar Baznas, Ini Sasarannya

Pelatihan Barbershop, Satpam dan Pijat Terapis Digelar Baznas, Ini Sasarannya

SIMBOLIS - Bupati Tegal didampingi ketua Baznas menyerahkan sertipikat berikut peralatan modal usaha kepada peserta pelatihan barbershop, satpam dan pijat terapi.-HERMAS PURWADI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Pelatihan barbershop, satpam dan pijat terapis digelar Baznas Kabupaten Tegal. Selain mendapatkan ilmu sesuai materi pelatihan yang diambil, peserta juga mendapatkan bantuan peralatan modal usaha.

Hal ini seperti disampaikan Ketua Baznas Kabpaten Tegal KH Ahmad Rofiqi, Selasa 12 Desember 2023. Para peserta pelatihan barbershop, satpam dan pijat terapis juga mendapatkan sertifikat.

Usai pelatihan barbershop, satpam dan pijat terapis, Baznas Kabupaten Tegal menyerahkan sertipikat keahlian berikut bantuan peralatan modal usaha. Penyerahan peralatan modal usaha diberikan kepada 39 orang yang mengikuti pelatihan Satpam Garda Pratama berupa sepatu dan seragam.

"Untuk peserta pelatihan satpam Garda Pratama 17 orang sudah bekerja dan sisanya 12 orang akan segera ditempatkan," terangnya.

BACA JUGA:Agar Produktif, 15 Mustahik Kota Tegal Dilatih Baznas Program Pemberdayaan

Kemudian, 29 orang peserta pelatihan pijat terapis mendapatkan bantuan berupa alat bekam. Sementara 22 orang peserta pelatihan babershop mendapatkan seperangkat alat cukur beserta sertipikat di setiap bidang pelatihan yang diikutinya. 

Khusus untuk peserta pelatihan pijat terapis juga dibekali ilmu menguasai pendeteksian penyakit. Selanjutnya diharapkan ada peningkatan honor saat menjalankan pekerjaan tersebut. 

"Zakat yang disalurkan ini akan menjadi jariyah yang pahalanya akan tetap mengalir terus sejalan dengan usaha yang dilakukan penerima manfaat," tandas KH Ahmad Rofiqi yang mendampingi Bupati Tegal Umi  Azizah dalam penyerahan bantuan tersebut di pendopo Amangkurat.

Bupati Tegal Umi Azizah memberi apresiasi  kepada Baznas Kabupaten Tegal  yang telah menjalankan program pemberdayaan mustahik produktif melalui pelatihan barbershop, satpam dan pijat terapis.

BACA JUGA:Bantuan Air Bersih Tetap Digelontor Baznas Meski Hujan Sudah Turun, Ini Alasannya

Sehingga hari ini, peserta yang sudah mengikuti serangkaian materi training dan lulus ujian praktik berhak mendapatkan sertifikat. Mereka juga mendapatkan bantuan peralatan sebagai modal kerja.

"Saya juga ucapkan terima kasih kepada para muzakki yang telah berdonasi, menitipkan zakat, infak dan sedekahnya melalui Baznas. Saya yakin, melalui kelembagaan Baznas ini, zakat kita insya Allah akan dikelola dengan baik, lebih efektif dan efisien dalam penyalurannya untuk meningkatkan manfaat zakat, mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan menanggulangi kemiskinan," ujarnya.

Pihaknya juga menyambut  baik implementasi program bidang pemberdayaan ekonomi ini di mana zakat disalurkan dalam bentuk program pelatihan keterampilan seperti pelatihan barbershop, satpam dan pijat terapi.

Termasuk bantuan modal usaha yang bertujuan untuk mencapai kemandirian melalui peningkatan keterampilan dan kecakapan hidup. Selain itu membangkitkan semangat kewirausahaan mustahik.

Sumber: