Sebabkan Aliran Sungai Tersumbat Hingga Banjir, DPUPR Bongkar Plat Beton Penutup Saluran

Sebabkan Aliran Sungai Tersumbat Hingga Banjir, DPUPR Bongkar Plat Beton Penutup Saluran

Proses pembongkaran plat beton penutup saluran Sungai Si Pesing di Tegal--

RADAR TEGAL - DPUPR mulai membongkar plat beton penutup saluran di Kelurahan Sumurpanggang, Kecamatan Margadana, Kota Tegal, Rabu 13 Desember 2023. Itu dilakukan untuk membersihkan saluran yang sempat tersumbat hingga menyebabkan ratusan rumah warga terendam banjir beberapa waktu lalu.

Pembongkaran plat beton penutup saluran melibatkan alat berat. Nantinya, saluran akan dibersihkan sehingga aliran sungai Si Pesing tidak tersumbat saat hujan.

Sub Koordinator Pemeliharaan PSDA, DPUPR Kota Tegal, Wahyu Adi Sutopo menindaklanjuti aduan masyarakat, pihaknya akhirnya melakiukan pembongkaran penutup saluran Si Pesing. Sebab, dari hasil survei, ditemukan penyumbatan di depan percetakan Rajawali.

"Hal itu, akibat pondasi atau talud saluran longsor sehingga membendung aliran saluran, hal itu yang mengakibat banjir. Sehingga, kami melakukan pembongkaran plat beton penutup saluran,"ujarnya.

BACA JUGA:Dimulai dari Aliran Kali Si Pesing, DPUPR Tegal Akan Tertibkan Bangunan di Atas Saluran Air

Menurut Wahyu, selain itu juga terjadi penyempitan saluran di depan Alfamart yang berada di jalur aliran tersebut. Pembongkaran dimulai dari sebelah barat Kantor Kecamatan sampai pintu air Kali Kemiri di depan Alfamart. 

"Pembongkaran kita mulai dari sebelah barat Kecamatan. Termasuk lahan parkir Alfamart juga terkena pembongkaran,"katanya.

Wahyu menyebutkan, pembongkaran plat beton penutup saluran akan dilakukan sepanjang 41 meter. Harapannya, nanti dapat mempermudah proses pembersihan saluran.

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Sumurpanggang, Ali Muntopik, mengatakan warga tidak keberatan penutup saluran dibongkar. Namun, pihaknya meminta petugas tidak tebang pilih.

"Warga tidak keberatan dengan pembongkaran plat beton penutup saluran air. Namun harus berkeadilan, karena di ujung saluran ada Alfamart, jadi harus dibongkar juga,"ujar Ali. (*)

Sumber: