Bisa Digugat? Begini 4 Risiko yang Terjadi Jika Mengabaikan Surat Somasi Pinjol

Bisa Digugat? Begini 4 Risiko yang Terjadi Jika Mengabaikan Surat Somasi Pinjol

4 risiko yang terjadi jika mengabaikan surat somasi pinjol-freepik-

RADAR TEGAL – Ada sejumlah risiko yang bisa terjadi jika mengabaikan surat somasi dari pinjol. Surat somasi atau surat peringatan dari pihak pinjol ini biasanya akan dikirimkan kepada nasabah yang sudah lewat jatuh tempo.

Risiko yang terjadi jika mengabaikan surat somasi pinjol ini cukup riskan, bahkan bisa sampai ke ranah hukum. Maka dari itu, jika Anda mendapatkan surat ini, jangan sesekali mengabaikannya.

Berikut 4 risiko yang bisa terjadi jika mengabaikan surat somasi pinjol. Simak pembahasannya sampai akhir.

4 risiko yang terjadi jika mengabaikan surat somasi pinjol

Perusahaan pinjol biasanya akan mengeluarkan surat peringatan kepada nasabah yang telat membayar, agar segera menuntaskan kewajibannya. Namun, tidak sedikit nasabah akan mengabaikan surat ini karena dianggap hanya gertakan semata.

BACA JUGA : Jangan Berbagi Akun Pinjol Jika Tidak Ingin Mengalami 5 Risiko Ini, Bisa Fatal Akibatnya

Perlu Anda tahu, ada beberapa hal buruk yang bisa terjadi jika tidak menggubris surat peringatan pinjol ini. Berikut diantaranya.

1. Hutang meningkat

Mengabaikan kewajiban untuk membayar hutang tentu justru membuat nominalnya makin bertambah, dikarenakan suku bunga dan denda yang berlaku.

Apalagi mengabaikan surat peringatan dari pinjol, peminjam akan dibebankan bunga dan biaya tambahan yang bertambah dengan pesat. Jika sampai nominal hutang makin membengkak, maka tentu akan semakin sulit lagi melunasinya.

2. Aset disita

Risiko yang terjadi jika mengabaikan surat somasi pinjol yaitu penyitaan aset berharga. Tiap perusahaan pinjol memiliki cara tersendiri untuk menagih hutang.

Jika sampai nasabahnya tidak kunjung membayar dan mengabaikan surat somasi, maka pihak pinjol bisa melakukan penyitaan aset yang dimiliki nasabahnya. 

BACA JUGA : Cara Atasi Penipuan Pinjol Ilegal Lewat SMS atau WA, Jangan Dibalas Meski Cuma Iseng!

Sumber: