Skincare Wajib untuk Kulit Berminyak, Jangan Sampai Kamu Salah Pilih!

Skincare Wajib untuk Kulit Berminyak, Jangan Sampai Kamu Salah Pilih!

Skincare wajib untuk kulit berminyak-unplash.com-unplash.com

RADAR TEGAL - Skincare wajib untuk kulit berminyak ini memang penting untuk kamu ketahui jika kamu termasuk orang yang mempunyai jenis kulit berminyak dan berjerawat. Tidak sedikit orang memang masih kesulitan dalam memilih kandungan bahan pada skincare yang harus digunakan untuk mengatasi wajah berminyak.

Padahal sebenarnya skincare wajib untuk kulit berminyak ini sangat bermanfaat untuk menjaga kulit wajah berminyak tetap sehat dan terlihat lebih glowing. Apalagi biasanya kulit wjah berminyak cenderung lebih cepat mengalami masalah kulit.

Seperti salah satunya adalah breakout yang sering terjadi pada kulit wajah berminyak dan membuat wajah menjadi berjerawat parah sampai mengganggu aktivitas harian. Maka dari itu kamu harus mempunyai skincare wajib untuk kulit berminyak agar bisa merawat wajah dengan baik setiap harinya.

Simak berikut ini penjelasan lengkap tentang skincare wajib untuk kulit berminyak yang bisa kamu coba:

1. Cleanser

Rangkaian produk skincare untuk kulit berminyak dan kusam dimulai dengan cleanser atau double cleansing yang berfungsi untuk membersihkan wajah secara menyeluruh. Ada beberapa jenis cleanser yang dapat dipilih, seperti micellar water, facial wash atau facial foam, milk cleanser, hingga cleansing oil.

BACA JUGA:5 Skincare Wajah Paling Ampuh untuk Cerahkan Kulit Seperti Orang Korea, Cek Selengkapnya

Dalam proses ini, salah satu teknik yang terkenal adalah double cleansing, di mana Anda menggunakan micellar water diikuti dengan facial wash.

2. Moisturizer

Rangkaian produk skincare untuk kulit berminyak dan kusam yang kedua adalah moisturizer atau pelembab. Beberapa orang dengan masalah kulit berminyak mungkin berpikir bahwa menggunakan pelembab dapat membuat wajah semakin berminyak karena khawatir akan penyumbatan pori-pori.

Padahal sebaliknya, penggunaan moisturizer atau pelembab yang memadai dapat membantu mengurangi produksi minyak pada wajah.

3. Sunscreen

Rangkaian produk skincare untuk kulit berminyak dan kusam selanjutnya adalah sunscreen. Tidak hanya penting bagi mereka yang memiliki kulit berminyak, sunscreen yang cocok untuk kulit berminyak juga sangat diperlukan untuk semua jenis kulit.

BACA JUGA:Rekomendasi Skincare untuk Pria, Efektif Bikin Kulit Wajah Tetap Sehat dan Anti Kusam

Sunscreen berfungsi untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV atau sinar matahari yang dapat memberikan dampak buruk bagi kulit kamu.

4. Retinol

Retinol mungkin masih terdengar asing bagi beberapa orang dalam rangkaian skincare untuk kulit berminyak dan kusam. Namun penggunaan retinol dapat membantu dalam proses pengelupasan atau mengangkat sel kulit mati, serta mengurangi garis halus pada wajah.

5. Serum

Jika kamu tidak hanya menghadapi masalah kulit berminyak dan kusam, seperti jerawat, bruntusan, dan komedo, maka skincare tambahan yang perlu kamu gunakan yaitu serum. Untuk perawatan kulit berminyak, kamu bisa menggunakan serum yang mengandung benzoil peroksida atau sulfur pada siang hari.

Penyebab Kulit Wajah Berminyak dan Kusam

Sebelum mengetahui rangkaian skincare untuk kulit berminyak dan kusam, sangat penting untuk memahami penyebab kulit menjadi berminyak dan kusam. Simak berikut ini beberapa penyebab kulit wajah berminyak:

BACA JUGA:Kenali Kandungan Skincare yang Tidak Boleh Dipakai Bersamaan

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan kulit menjadi berminyak dan kusam antara lain:

  • Bertambahnya Usia, proses penuaan dapat mempengaruhi tekstur dan kelembapan kulit.
  • Menggunakan Produk Skincare yang Salah, pemilihan produk yang tidak sesuai dengan jenis kulit dapat memicu berbagai masalah.
  • Terlalu Rutin atau Berlebihan dalam Menggunakan Skincare, penggunaan skincare yang berlebihan atau tidak sesuai dengan kebutuhan kulit dapat mengganggu keseimbangan alami kulit.
  • Mengalami Dehidrasi, kulit yang kekurangan cairan dapat terlihat kusam dan memproduksi lebih banyak minyak untuk mengkompensasi kekurangan kelembapan.
  • Tidak Menggunakan Moisturizer, mengabaikan pelembab dapat membuat kulit kehilangan kelembapan alami.
  • Sel Kulit Mati yang Menumpuk, akumulasi sel kulit mati dapat membuat kulit terlihat kusam dan memicu produksi minyak berlebihan.
  • Faktor Lingkungan, paparan polusi dan sinar matahari berlebihan dapat memengaruhi kondisi kulit.
  • Terlalu Sering Mencuci Muka, membersihkan wajah terlalu sering dapat menghilangkan minyak alami kulit dan menyebabkan produksi minyak berlebihan.
  • Tidak Menggunakan Pelembab Wajah, kekurangan kelembapan dapat membuat kulit terlihat kusam dan merangsang produksi minyak.

BACA JUGA:Rajin Pakai Skincare Malah Bikin Wajah Kusam? Ini Ternyata Penyebabnya

Memahami penyebab-penyebab ini penting untuk dapat memilih dan merancang rangkaian skincare yang tepat untuk mengatasi masalah kulit berminyak dan kusam. Maka dari itu kamu bisa menggunakan skincare wajib untuk kulit berminyak. (*)

Sumber: