Cara Atasi Penipuan Pinjol Ilegal Lewat SMS atau WA, Jangan Dibalas Meski Cuma Iseng!

Cara Atasi Penipuan Pinjol Ilegal Lewat SMS atau WA, Jangan Dibalas Meski Cuma Iseng!

Cara atasi penipuan pinjol ilegal lewat SMS atau WA-freepik-

RADAR TEGAL – Artikel ini membahas cara atasi penipuan pinjol ilegal lewat SMS atau WA. Jika Anda pernah mendapatkan pesan teks dari mereka, jangan pernah membalasnya meski hanya iseng.

Cara atasi penipuan pinjol ilegal lewat SMS atau WA ini penting untuk diketahui. Sebab, hal ini merupakan modus penipuan yang hampir setiap hari mereka lakukan, kemudian dikirimkan secara acak.

Selengkapnya di bawah cara atasi penipuan pinjol ilegal lewat SMS atau WA. Pastikan Anda menyimak ulasan ini sampai akhir artikel.

Cara atasi penipuan pinjol ilegal lewat SMS atau WA

Pihak pinjaman online ilegal akan mengirimkan pesan teks yang berisikan penawaran pinjaman yang tidak masuk akal. Biasanya mereka menawarkan limit yang sangat tinggi, namun dengan bunga yang rendah.

BACA JUGA : Pakai 2 Metode Ini Bisa Bikin Hutang Pinjol Auto Lunas dan Skor Kredit Pasti Tetap Aman

Hal ini patut Anda waspadai, sebab mereka beroperasi dengan cara yang tidak sah dan tanpa adanya pengawasan dari OJK. Berikut ini cara mengatasinya.

1. Blokir

Hal paling mudah yang bisa dilakukan adalah langsung blokir nomor yang menghubungi Anda dengan menawarkan pinjol ilegal. Jangan tanggapi sama sekali isi pesan teks tersebut dan lebih baik langsung hapus saja. 

2. Cek validitas pinjol

Modus penipuan pinjol ilegal dengan memberikan penawaran yang sangat menggiurkan. Entah itu pemberian suku bunga rendah, limit besar, sampai proses yang cepat cair.

Alangkah baiknya, Anda cek lebih dulu legalitas pinjaman online terkait. Sebab, biasanya penawaran via pesan teks secara tiba-tiba sudah pasti merupakan pinjaman yang tidak terdaftar OJK.

3. Stop komunikasi

Cara atasi penipuan pinjol ilegal lewat SMS atau WA berikutnya dengan stop komunikasi langsung dengan nomor terkait.

Sumber: