Belajar Membatik, Siswa Tuna Rungu di SLB Negeri Kabupaten Tegal Fokus Pegang Canting Bareng Guru

Belajar Membatik, Siswa Tuna Rungu di SLB Negeri Kabupaten Tegal Fokus Pegang Canting Bareng Guru

MEMBATIK - Seorang siswa tuna rungu dan guru SLB Negeri Slawi Kabupaten Tegal saat belajar membatik di sekolahnya, Senin 11 Desember 2023.-YERI NOVELI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Belajar membatik di halaman sekolah setempat, Senin 11 Desember 2023, belasan siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Slawi Kabupaten Tegal tampak fokus memegang canting. Mereka merupakan siswa tuna rungu atau tuna wicara dari kelas B SMP dan SMA. 

"Selain siswa, beberapa guru juga mengikuti pelatihan. Nantinya, guru itu yang mengajari siswa," kata Wakil Kepala SLB Negeri Slawi Sulistiyanto.

Menurut Sulistiyanto, jumlah siswa yang mengikuti pelatihan membatik sebanyak 15 anak. Para siswa tuna rungu dan tuna wicara ini tampak konsentrasi dan fokus saat memegang canting dan mulai membatik.

Sesekali siswa tuna rungu itu bertanya kepada guru dan pelatih bagaimana caranya membatik. Dia menyebut, pelatihan yang diberikan kepada siswanya, tidak hanya membatik. 

BACA JUGA:Produksi Batik Cakar, Karya Siswa SLB Manunggal Slawi Unik dan Menarik

Namun juga kriya, tata boga dan merias. Meski demikian, tidak semua siswa tuna rungu mengikuti pelatihan.

"Jadi kita seleksi dulu, yang punya skill membatik, ikut membatik. Begitu pula yang mampu merias, kita beri pelatihan merias," ujarnya.

Sementara, Nuranisa Amini selaku mentor dari Galeri Petik mengapresiasi para siswa tuna rungu SLB yang mengikuti pelatihan tersebut.

Diharapkan, pelatihan ini bermanfaat untuk para siswa tuna rungu sehingga mereka bisa memiliki bekal ketrampilan membatik. Menurut Anisa, sebenarnya membatik itu mudah.

BACA JUGA:Mantap Nih! 150 Pelaku IKM Batik di Kabupaten Tegal Dapat Bantuan Paket Bahan Baku

"Yang penting jangan takut, jangan grogi. Intinya itu saja. Insya Allah hasilnya bagus," imbuhnya. 

Demikian informasi terkait siswa tungu rungu yang belajar membatik. Semoga bisa menginspirasi. (*)

Sumber: