Cara Alami Atasi Beruntusan karena Salah Pakai Skincare, Efektif Bikin Mulus Lagi

Cara Alami Atasi Beruntusan karena Salah Pakai Skincare, Efektif Bikin Mulus Lagi

Cara Alami Atasi Beruntusan Karena Salah Pakai Skincare-pexels.com/KindelMedia-pexels.com/KindelMedia

RADAR TEGAL – Kamu wajib tahu cara alami atasi beruntusan karena salah pakai skincare pada kulit wajah. Hal ini biasanya sering terjadi pada jenis kulit wajah yang berminyak atau kering dan sensitif.

Karena tentunya jenis kulit yang sensitif, berminyak dan terlalu kering membutuhkan perawatan khusus. Maka dari itu penting untuk mengetahui cara alami atasi beruntusan, agar kulit wajah bisa kembali seperti semula tanpa timbul masalah baru.

Biasanya jika kamu tidak cepat mengatasi masalah beruntusan karena salah pakai skincare ini akan timbul masalah lain seperti breakout. Dengan mengetahui cara alami atasi beruntusan karena salah pakai skincare berikut kamu tidak akan lagi mendapat masalah kulit wajah baru.

Cara Alami Atasi Beruntusan karena Salah Pakai Skincare

Timbulnya beruntusan di wajah akibat penggunaan skincare sering terjadi karena kulit tidak cocok dengan beberapa bahan dalam produk perawatan kulit tertentu. Selain itu, kesalahan dalam urutan penggunaan skincare juga dapat menyebabkan munculnya beruntusan di wajah.

BACA JUGA: Makin Glowing, Ini 10 Step Skincare Korea yang Bikin Kulit Jadi Sebening Kristal

Simak berikut ini cara alami atasi beruntusan karena salah pakai skincare yang pastinya aman untuk dilakukan :

1. Hentikan Penggunaan Skincare

Menurut American Academy of Dermatology, mencoba beberapa produk skincare berbeda dalam waktu yang relatif singkat dapat menyebabkan munculnya beruntusan. Hal ini disebabkan karena produk skincare biasanya memerlukan waktu sekitar 6-8 minggu untuk menunjukkan perubahan atau hasilnya pada kulit.

Cobalah untuk menghentikan penggunaan skincare sementara waktu agar bisa mengatasi munculnya beruntusan baru. Jika ingin menggunakan skincare sebaiknya kamu memberikan jeda dan konsisten menggunakan skincare selama 1 sampai 2 bulan pemakaian untuk melihat hasilnya.

2. Lakukan Perawatan Dasar

Selain menghentikan pemakaian produk, cara mengatasi beruntusan di wajah akibat skincare adalah kembali ke perawatan kulit dasar. Penting untuk tetap menjaga kebersihan wajah dengan mencuci secara rutin dan menerapkan double cleansing dengan benar, terutama setelah menggunakan makeup.

BACA JUGA: Rekomendasi Produk Skincare Korea yang Aman, Pilihan Terbaik Supaya Secantik Artis KPop

Selain menghentikan pemakaian produk, cara mengatasi beruntusan di wajah akibat skincare adalah kembali ke perawatan kulit dasar. Penting untuk tetap menjaga kebersihan wajah dengan mencuci secara rutin dan menerapkan double cleansing dengan benar, terutama setelah menggunakan makeup.

Sisa riasan atau kotoran yang menempel lama di kulit dan tidak dibersihkan dapat menyumbat pori-pori kulit yang kemudian dapat memicu munculnya jerawat. Jika kulit kamu cenderung berminyak beruntusan dapat menjadi lebih sulit untuk dihilangkan dan berisiko semakin parah.

3. Hindari Memencet Beruntusan

Cara yang tidak kalah penting adalah menghindari menyentuh dan memencet beruntusan karena memegang atau mengorek beruntusan di wajah berisiko memperparah kondisinya. Maka dari itu disarankan untuk tidak melakukan kebiasaan ini untuk mencegah kemungkinan iritasi dan penyebaran infeksi.

4. Gunakan Sunscreen

Menggunakan tabir surya atau sunscreen merupakan langkah yang penting, bahkan ketika beraktivitas di dalam ruangan. Sunscreen membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang dapat membantu mencegah masalah kulit termasuk beruntusan.

BACA JUGA: 5 Kandungan Skincare untuk Menghilangkan Bopeng Terbaik yang Pasti Ampuh

5. Gunakan Pelembab Rutin

Mengalami beruntusan di wajah tidak berarti kamu harus menghentikan penggunaan pelembap untuk kulit wajah, terutama jika menggunakan produk skincare untuk jerawat. Produk perawatan kulit berjerawat umumnya mengandung bahan aktif seperti benzoil peroksida dan asam salisilat yang dapat membuat kulit cenderung kering.

Maka dari itu penggunaan pelembap tetap diperlukan untuk menjaga kelembapan kulit dan mengurangi risiko iritasi atau kekeringan. Dengan begitu kamu dapat mengurangi beruntusan dan merawat kulit menjadi kembali sehat.

Nah, itulah beberapa cara alami atasi beruntusan karena salah pakai skincare yang bisa kamu lakukan sendiri dirumah. (*)

Sumber: