3 Tips Merawat Kompresor AC Mobil Agar Tidak Mudah Jebol, Salah Satunya Jangan Asal Pilih Oli

3 Tips Merawat Kompresor AC Mobil Agar Tidak Mudah Jebol, Salah Satunya Jangan Asal Pilih Oli

kompresor ac mobil--

RADAR TEGAL - Salah satu bagian penting dari mobil yaitu kompresor AC mobil. Kompresor menjadi bagin penting yang harus diperhatikan perawatannya.

Merawat kompresor AC mobil akan membantu membuat AC mobil tetap bekerja secara optimal. Coba bayangkan, jika AC di dalam mobil mati.

Kamu pastinya akan kegerahan bukan, jadi sebelum rusak kamu harus memperhatikan perawatan kompresor AC mobil kamu.

Kompresor AC mobil merupakan bagian penting yang bertugas untuk memompa freon agar bisa menyebar ke kabin dan menghilangkan hawa dan suhu panas mobil, khususnya bagian kabin mobil.

Namun masih banyak yang mengabaikan perawatannya, padahal kompresor merupakan komponen yang sangat penting. Berikut cara merawatnya agar tidak mudah jebol.

BACA JUGA: Berbeda dengan Portabel, Inilah Cara Perawatan AC Central Agar Tetap Optimal dan Awet

BACA JUGA: Teknik Perawatan AC Portabel yang Benar, Dingin Seruangan dengan Kinerja Optimal

5 Tips merawat kompresor AC mobil

1. Jangan Asal Pilih Oli

Hal yang penting dalam perawatan kompresor AC mobil yaitu pemilihan oli yang tepat. Sama seperti oli mesin, kompresor juga harus menggunakan oli kompresor yang tepat, seperti spesifikasi kekentalannya.

Kamu juga perlu mengetahui hal ini agar bisa memantau dan mengecek secara berkala apabila sudah waktunya penggantian oli untuk kompresor AC mobil. Menganti oli merupakan bagian yang tidak boleh dilewatkan saat merawat kompresor AC Mobil.

Paling tidak setiap setahun sekali atau setiap 20.000km perjalanan. Mungkin hal ini akan menambah biaya perawatan, akan tetapi hal tersebut lebih murah dibandingkan dengan mengganti kompresor yang rusak dengan yang baru.

Jangan lupa saat bergantian oli, kompresor harus diperhatikan bersih. Hal ini berfungsi agar oli yang baru tidak bercampur dengan bekas oli yang lama.

2. Memperhatikan Bunyi yang Muncul pada Kompresor

Saat mengecek kondisi kompresor Ac mobil, kamu bisa melakukannya tanpa perlu membawa ke bengkel. Coba menghidupkan mobil dan AC mobil, kemudian cari tahu apakah ada bunyi yang keluar dari kompresor dari balik kap.

Sumber: