Kesbangpol Kota Tegal Kuatkan Komitmen Netralitas ASN dalam Pemilu 2024

Kesbangpol Kota Tegal Kuatkan Komitmen Netralitas ASN dalam Pemilu 2024

Sosialisasi penguatan netralitas ASN dalam Pemilu 2024 di Kota Tegal--

RADAR TEGAL - Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kota Tegal dalam Pemilu 2024 mendatang sangat diperlukan. Pasalnya, salah satu fungsi ASN adalah menjaga persatuan dan kesatuan dengan tidak memihak salah satu golongan.

Terkait itu, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Tegal menggelar sosialisasi netralitas ASN dalam Pemilu 2024. Kegiatan yang dihadiri langsung Sekda Kota Tegal drg Agus Dwi Sulistyantono di ruang Adipura Rabu 29 November 2023.

Dalam kegiatan sosialisasi netralitas ASN dalam Pemilu 2024 itu, panitia menghadirkan sejumlah narasumber. Antara lain, Asisten Komisioner II NKK-NET Komisi ASN, Farhan Abdi Utama, Ketua Bawaslu Kota Tegal dan dihadiri sejumlah pejabat lainnya.

Kepala Bakesbangpol Kota Tegal, Budi Saptaji mengatakan kegiatan dilakukan untuk memberikan pemahaman sekaligus pengamalan pentingnya asas netralitas untuk mewujudkan tiga fungsi ASN. Yakni, sebagai pelaksana kebijakan publik, pelayanan, serta perekat dan pemersatu bangsa.

BACA JUGA:Jelang Masa Kampanye Pemilu 2024, Sekda Brebes Ingatkan Netralitas ASN

"Kegiatan ini, untuk memberikan pemahaman azas netralitas untuk mewujudkan fungsi ASN. Baik sebagai pelaksana kebijakan, pelayan publik dan pemersatu bangsa,"katanya.

Menurut Budi, melalui kegiatan tersebut, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan penghayatan netralitas ASN Pemkot Tegal. Utama dalam penyelenggaraan Pemilu 2024.

"Kegiatan ini, juga menekan angka pelanggaran netralitas ASN dalam Pemilu 2024. Khususnya di lingkungan Pemkot Tegal,"jelasnya.

Sementara Ketua Bawaslu Kota Tegal, Fauzan Hamid, menjelaskan materi tentang Penyelenggaraan Pemilu 2024 dan Urgensi Netralitas ASN. Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan ikrar netralitas ASN dan penandatanganan pakta integritas. (*)

Sumber: