UPTD Loka Bina Karya Dinsos Kabupaten Tegal Aktifkan Kelas Bahasa Isyarat Indonesia

UPTD Loka Bina Karya Dinsos Kabupaten Tegal Aktifkan Kelas Bahasa Isyarat Indonesia

Kelas bisindo Bahasa Isyarat Indonesia yang digelar UPTD Loka Bina Karya Dinas Sosial Kabupaten Tegal.-Hermas Purwadi-

RADAR TEGAL - Terhitung sejak tahun ini, kelas bisindo atau Bahasa Insyarat Indonesia yang digulirkan UPTD Loka Bina Karya ( LBK) Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Tegal digulirkan efektif bagi penyandang disabilitas tuna runggu.

Kepala Dinas Sosial, Iwan Kurniawan melalui Kepala UPTD LBK Patriyawati Narenda didampingi pendamping difabel, Margi menyatakan, khusus kelas bisindo di LBK diikuti komunitas 'Dunia Tak Lagi Sunyi'.  

"Saat ini ada sekitar 25 siswa penyandang tuna runggu dan wicara yang mengenyam pendidikan di SLB yang terwadahi dalam DLTS (dunia tak lagi sunyi). Sementara yang dewasa tergabung dalam wadah Gergatin," ujarnya Senin 27 November 2023.

Ditegaskan, kelas khusus bisindo ini sudah dibuka sejak 2 tahun silam dan baru dirutinkan setiap Jumat sejak tahun 2023.

BACA JUGA:Dinsos Pacu Peran Karang Taruna untuk Membangun Desa di Bidang Kesejahteraan Sosial

 "Di Indonesia, setidaknya terdapat dua bahasa isyarat yang digunakan oleh kelompok tuli untuk berkomunikasi pada sesamanya, yaitu Bahasa Isyarat Indonesia atau Bisindo dan Sistem Bahasa Isyarat Indonesia atau Sibi. Walaupun sama-sama bahasa isyarat, keduanya memiliki perbedaan yang cukup mendasar," cetusnya.

Saat ini, sambung dia, untuk jumlah disabilitas yang ada di Kabupaten Tegal ada sekitar 12.000. Mereka tersentuh beragram program pembinaan selain kelas bisindo. Di antaranya servis ponsel, menjahit, batik ciptrat, dan tata boga. 

Khusus untuk kelas bisindo, kelas bahasa isyarat ini diharapkan untuk tidak bersuara ketika berbahasa isyarat, agar bisa ikut merasakan keheningan yang dialami oleh kawan-kawan difabel tuli.

Ditegaskan dalam kelas pertama ini dipelajari perkenalan dan huruf abjad dalam bahasa isyarat dengan diampu oleh dua orang guru. Komunikasi dengan bahasa isyarat dan membaca gerak bibir. 

BACA JUGA:Dinsos Kabupaten Tegal Siapkan Rangkaian Kegiatan Hari Disabilitas Internasional 2023

"Sebelum kelas dimulai, guru mengajak murid-murid melakukan senam jari dan tangan," ungkapnya. (adv)

Sumber: