Cegah dan Tangani Kekerasan di Sekolah, Program Ayo Rukun Jateng Resmi Meluncur di Hari Guru 2023

Cegah dan Tangani Kekerasan di Sekolah, Program Ayo Rukun Jateng Resmi Meluncur di Hari Guru 2023

Pj Gubernur Jateng resmi luncurkan program Ayo Rukun untuk mencegah dan menangani kekerasan di sekolah.-Humas Pemprov Jateng-

RADAR TEGAL - Program Ayo Rukun Pemprov Jateng resmi meluncur di Hari Guru 2023. Perogram tersebut digulirkan untuk cegah dan tangani kekerasan di sekolah atau satuan pendidikan. 

Peluncuran program untuk cegah dan tangani kekerasan di sekolah itu, secara resmi dilakukan oleh Pj Gubernur Jawa Tengah,  Nana Sudjana. Peluncuran dilaksanakan di SMKN 1 Semarang, Sabtu, 25 November 2023. 

"Kami melaunching program Ayo Rukun dalam rangka cegah dan tangani kekerasan serta bullying di sekolah," kata Nana Sudjana usai upacara Hari Guru Nasional ke-78.

Melalui program itu, diharapkan tidak ada lagi kekerasan di sekolah, sehingga para siswa dapat belajar dengan aman, nyaman, dan menyenangkan.

BACA JUGA:Pj Gubernur Jateng: Gerakan Ayo Rukun Cegah Kekerasan di Sekolah Jangan Hanya Slogan, Harus Ada Aksi Nyata

Program Ayo Rukun, sambung Nana, merupakan implementasi dari Permendikbudristek nomor 46 tahun 2023 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan. 

Ayo Rukun merupakan akronim dari Aksi Gotong Royong Berantas untuk Kekerasan dan Perundungan. Saat ini sudah ada 19 sekolah yang menerapkan program tersebut dan masih akan bertambah.

"(Anak-anak) Ini kader kita ke depan. Mereka akan menjadi pimpinan-pimpinan di negara ini. Maka kita harus betul-betul memberikan rasa aman, nyaman, dan menyenangkan di sekolah," kata Nana.

Adapun dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional ke-78, Nana   menyampaikan,  apresiasi setinggi-tingginya kepada para guru di Indonesia, khususnya di Jawa Tengah. 

BACA JUGA:Balon Gas Meledak di Bekasi saat Hari Guru Nasional, Korban Langsung Dilarikan ke Puskesmas

Sebab, para guru telah memberikan jasanya, mengabdikan diri, dan berdedikasi untuk membina, mengajar, dan mengawal anak didik. Mulai dari tingkat TK, SD, SMP, SMA, sampai Perguruan Tinggi.

"Makanya Hari Guru ini merupakan sesuatu penghargaan dan kebanggaan. Jasa guru ini tidak pernah lekang oleh waktu, jasa guru ini akan selalu dikenang oleh kita semua. Maka dalam rangka hari guru ini kami sangat mengapresiasi," kata Nana. (*)

Sumber: