Bertambah Jadi 78 Peserta Tes CAT PPPK Brebes 2023 yang Gugur karena Absen

Bertambah Jadi 78 Peserta Tes CAT PPPK Brebes 2023 yang Gugur karena Absen

Panselda melakukan pemeriksaan dan identifikasi peserta tes CAT PPPK Brebes 2023 secara ketat mengantisipasi joki.-Syamsul Falaq-

RADAR TEGAL - Sebanyak 78 peserta tes CAT (Computer Asesment Test) PPPK Brebes 2023, dinyatakan gugur. Puluhan peserta gugur karena tidak hadir sesuai jadwal tes CAT yang telah ditetapkan. 

Jumlah total peserta tes CAT PPPK Brebes 2023 yang gugur tersebut diketahui dari data akumulasi kehadiran yang direkap Panselda Kota Bawang, Jumat 24 November 2023.

Perwakilan Panselda PPPK Brebes sekaligus Kabid Mutasi BKPSDMD Darmawan Adinugroho menyampaikan, 4.020 peserta tes CAT PPPK Kabupaten Brebes menjalani tes di dua titik lokasi, yakni, MG Setos Hotel Semarang dan Kanreg I BKN Yogyakarta.

Dari total peserta tersebut, hanya 3.942 peserta yang hadir. Sedangkan, 78 lainnya dinyatakan tidak lolos alias gugur seleksi karena absen menjalani CAT.

BACA JUGA:Tidak Hadir saat Tes CAT, 12 Peserta Seleksi PPPK Brebes Gugur

"Untuk sementara, yang dinyatakan gugur seleksi PPPK secara langsung baru 78 peserta. Sebab, masih ada 700 peserta yang akan menjalani CAT di Cirebon Minggu 26 November 2023 besok," jelasnya.

Terkait nilai dan peringkat hasil CAT, lanjut Darmawan, secara keseluruhan masih menunggu berakhirnya proses. Terlebih, jadwal pelaksanaan CAT yang tersebar di 21 titik lokasi lainnya masih berjalan. 

Kemudian, tahap pengolahan nilai hasil seleksi baru berjalan pada awal Desember mendatang. Setelah itu, baru pengumuman hasil seleksi berdasarkan peringkat nilai CAT pada pertengahan Desember.

"Jika pengumuman hasil seleksi CAT sudah keluar, tahap selanjutnya pengisian DRH NI P3K 16 Desember 2023 - 14 Januari 2024. Kemudian, usul penetapan NI P3K mulai 15 Januari - 13 Februari 2024," terangnya.

BACA JUGA:Berebut 813 Formasi Nakes, 1.590 Pelamar PPPK Brebes 2023 Jalani Tes CAT

Sementara itu sebelumnya, Asisten III Setda Brebes Eko Supriyanto menegaskan, dalam rangkaian proses rekrutmen PPPK Kabupaten Brebes semuanya dilaksanakan secara gratis. Artinya, tidak ada biaya apapun yang dibebankan kepada peserta selain membeli materai, akomodasi dan transport selama mengikuti CAT.

"Sehingga, berulang kali kami selalu menyatakan jangan pernah tergiur. Khususnya pada oknum yang mengiming-imingi bisa lolos seleksi PPPK dengan imbalan uang, karena itu jelas penipuan. Sebab, semua proses rekrutmen dilakukan secara terbuka dan tanpa biaya," tandasnya. (*)

Sumber: