Sukses Beternak Entok, Kota Tegal Jadi Lokasi Studi Komparasi Peternak Banyumas

Sukses Beternak Entok, Kota Tegal Jadi Lokasi Studi Komparasi Peternak Banyumas

BERSAMA- Lurah Pesurungan Lor Sudarto bersama Pemerintah Desa Petahunan Banyumas usai studi komparasi terkait beternak entok di Pendopo Kantor Kelurahan.-Meiwan Dani R-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Kesuksesan warga Kelurahan Pesurungan Lor Kecamatan Margadana Kota Tegal dalam beternak entok rupanya terdengar sampai luar kota. Tak heran, banyak peternak luar kota yang sengaja datang untuk belajar.

Salah satunya peternak Desa Petahunan Kecamatan Pakuncen Kabupaten Banyumas. Mereka sengaja belajar beternak entok atau unggas di kelurahan tersebut. 

Kunjungan tersebut merupakan studi komparasi untuk belajar beternak entok agar menghasilkan ternak entok yang bagus. Hasil studi tersebut nantinya akan dikembangkan di Desa Petahunan.

"Kami menyambut baik, kedatangan dari Pemerintah Desa Petahunan untuk belajar ternak unggas," kata Lurah Pesurungan Lor Sudarto, Kamis 23 November 2023.

BACA JUGA:Bebas Penyakit Mulut dan Kuku, Hewan Ternak di Kabupaten Tegal Dipastikan Masuk Zona Putih

Dia mengakui, sebagian besar masyarakat di Pesurungan Lor hidup dari beternak entok. Bahkan, daging ternak entok terkenal sebagai salah satu menu kuliner lezat di Kota Tegal, seperti kupat blengong dan sate blengongnya. 

Dengan kualitas ternak entok yang bagus, masyarakat di Pesurungan Lor bisa menggantungkan mata pencahariannya pada beternak entok.

Selain, dagingnya yang lezat, hasil beternak entok berupa telur asin juga cukup menjanjikan. Karenanya, banyak juga yang menjadi produsennya. 

Hal itu, tentunya bisa membangkitkan sektor ekonomi dan kuliner warga.

BACA JUGA:Dinsos Pantau Program Penghapusan Kemiskinan Ekstrem Pelatihan Ternak Kambing

"Untuk itu adanya studi tiru tersebut agar dapat bermanfaat ilmunya dan bisa dikembangkan," ujarnya.

Setelah diskusi dan dialog, tim melakukan kunjungan ke beberapa peternak entok di wilayah Kelurahan Pesurungan Lor Kota Tegal. 

Demikian informasi terkait studi komparasi beternak entok di Kota Tegal. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: