Tes CAT 300 Peserta Seleksi PPPK Brebes Mundur 2 Jam, Panitia Sediakan Kompensasi Makan Minum

Tes CAT 300 Peserta Seleksi PPPK Brebes Mundur 2 Jam, Panitia Sediakan Kompensasi Makan Minum

Ratusan peserta CAT P3K Brebes sesi 3 menunggu di ruang steril Kanreg 1 BKN Yogyakarta akibat jadwal pelaksanaan mundur 2 jam.-Syamsul Falaq-

RADAR TEGAL - Pelaksanaan Tes CAT 300 peserta seleksi PPPK Brebes mundur atau molor sekitar 2 jam dari jadwal yang sudah ditentukan.

Mereka adalah pesera seleksi PPPK Brebes yang masuk pada sesi 3 pelaksanaan tes CAT di Kanreg 1 BKN Yogyakarta, Senin 20 November 2023.

Ihwal mundurnya waktu pelaksanaan tes CAT bagi 300 peserta seleksi PPPK Brebes yang masuk pada sesi 3 itu dibenarkan Perwakilan Panselda Brebes sekaligus Asisten III Setda Eko Supriyanto.

Menurutnya, akibat server nasional error, sebanyak 300 peserta Computer Asesment Test (CAT) terpaksa molor. Pada pelaksanaan CAT bagi 300 pelamar sesi pertama di Kanreg 1 BKN pada Senin, 20 November 2023 berjalan lancar. 

BACA JUGA: Cegah Joki Tes CAT PPPK, Panselda Brebes Perketat Pengawasan Proses Seleksi Sejak Pintu Masuk

Namun, saat pelaksanaan sesi 2 terjadi kendala. Dimana server pusat atau nasional mengalami error. Akibatnya, sebanyak 300 peserta CAT sesi 2 harus menunggu hingga sekitar dua jam untuk menyelesaikan tes dan logout.

"Padahal di ruang steril, 300 peserta sesi 3 sudah menunggu. Sehingga, karena molornya jadwal dan error server diberi kompensasi snack dan minum sebagai pengganti makan," ungkapnya kepada Radar Tegal.

Pemberian kompensasi snack dan minum, lanjut Eko, merupakan instruksi sekaligus arahan Ketua Panselda Brebes Sekda Djoko Gunawan. Sebab, setelah menunggu hampir dua jam di ruang steril untuk menjalani tes CAT sesi 3, sebanyak 300 peserta yang terbagi menjadi dua ruang, belum sempat makan siang. 

Sehingga, opsi memberikan snack pengganti makan dilakukan sebagai bentuk penghargaan.

BACA JUGA: Tidak Hadir saat Tes CAT, 12 Peserta Seleksi PPPK Brebes Gugur

"Termasuk, memberikan kompensasi Salat Ashar dengan pengawasan ketat Panselda. Tujuannya, agar peserta sesi tiga tetap steril dan tertib," terangnya.

Sementara itu, Kabid Mutasi BKPSDMD Brebes Darmawan Adinugroho menambahkan, kesempatan Salat Ashar dan pemberian kompensasi bagi 300 peserta tes CAT PPPK, bertujuan untuk menjaga rasa nyaman dan fokus peserta.

Selain itu, juga untuk menjaga kepercayaan peserta terhadap Panselda Brebes.

"Sambil menunggu peserta sesi 2 menyelesaikan tes CAT, 300 peserta sesi 3 tetap mendapat pengawalan di ruang steril. Namun, jadwal tetap molor hingga server kembali normal," pungkasnya.

Sumber: