Cegah Joki Tes CAT PPPK, Panselda Brebes Perketat Pengawasan Proses Seleksi Sejak Pintu Masuk

Cegah Joki Tes CAT PPPK, Panselda Brebes Perketat Pengawasan Proses Seleksi Sejak Pintu Masuk

Panselda PPPK Brebes 2023 melakukan pengawasan dan memberikan motivasi kepada peserta sebelum pelaksanaan tes CAT.-Syamsul Falaq-

RADAR TEGAL - Mengantisipasi munculnya joki tes CAT PPPK, Panitia Seleksi Daerah (Panselda) Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Kabupaten Brebes memperketat pengawasan. 

Salah satunya dengan memeriksa kelengkapan dokumen, seperti KTP-el asli, kartu test cetak berwarna hingga login 15 menit sebelum pelaksanaan tes CAT PPPK.

Seperti tampak dalam pelaksanaan tes CAT PPPK di BKN Kanreg 1 Yogyakarta, Minggu 19 November 2023. Ketua Panselda Rekrutmen CASN PPPK Brebes sekaligus Sekretaris Daerah Djoko Gunawan memantau dan mengawasi langsung pelaksanaan CAT. 

Dia datang ke lokasi pelaksanaan tes CAT PPPK dengan didampingi Asisten III Setda dan pejabat terkait.

BACA JUGA: Tidak Hadir saat Tes CAT, 12 Peserta Seleksi PPPK Brebes Gugur

Selain pengawasan proses seleksi, Panselda PPPK Kabupaten Brebes juga mengingatkan peserta tes CAT waspada penipuan. Peserta diminta tidak tergiur dengan janji kelulusan, karena dipastikan itu penipuan.

"Mengantisipasi joki CAT PPPK, pemeriksaan identitas lengkap dengan password login terus diperketat. Apalagi, penilaian CAT hasilnya realtime dan bisa diakses secara terbuka. Sehingga, jangan percaya jika ada oknum yang menjanjikan bisa lolos dengan iming-iming uang," jelasnya saat dikonfirmasi Radar Tegal, Minggu 19 November 2023 siang.

Total peserta CAT di BKN Kanreg 1 Yogyakarta, lanjut Djoko, diikuti sebanyak 4.021 pelamar PPPK Brebes. Kemudian, pelaksanaan CAT terbagi dalam tiga sesi setiap harinya, mulai 19-23 November mendatang. 

Sedangkan, mekanisme pelaksanaan CAT terbagi menjadi dua ruang dengan kapasitas maksimal 150 orang tiap ruang. Semua peserta, wajib sudah login pukul 08.00 WIB untuk sesi pertama.

BACA JUGA: Pelamar PPPK Brebes 2023 Wajib Tahu! Berkas Ini Wajib Dibawa Saat Tes CAT

"Jika nantinya ada temuan joki CAT PPPK, maka sanksinya jelas akan langsung dianulir. Termasuk, semua peserta yang tidak hadir tanpa keterangan sesuai jadwal tes," ujarnya.

Sementara itu, Asisten III Setda Brebes Eko Supriyanto menambahkan, pelaksanaan CAT hari pertama di BKN Kanreg 1 Yogyakarta berjalan lancar dan tertib. 

Bahkan, jumlah peserta yang hadir mendapat motivasi dari Panselda Brebes sebelum melaksanakan tes. Teknisnya, setiap hari pelaksanaan CAT terbagi menjadi tiga sesi di dua ruang.

"Hari pertama sesi 1, sebanyak 110 peserta dari Brebes dan 40 orang dari Kemenpora. Sementara di ruang 2 (aula) diikuti 150 peserta dari Brebes," imbuhnya.

Sumber: